Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Berikut cara registrasi dan top up akun E-Meterai pada CPNS 2023.


Jadwal seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023, yang meliputi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), telah resmi ditunda.


Pengumuman seleksi CPNS kini dimulai pada 19 September 2023-3 Oktober 20231. Sementara itu, pendaftaran dibuka pada 20 September 2023.


Hal ini juga disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Surat Plt Kepala BKN Nomor: 8871/B-KS/04.01/SD/K/2023 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023.

Cara Registrasi dan Top Up Akun E-Meterai CPNS 2023


Dikutip dari isi surat tersebut, Minggu, 17 September 2023, disebutkan bahwa proses optimalisasi pengisian kebutuhan Jabatan Fungsional Teknis pada pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2022 sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 571 Tahun 2023 masih berlangsung hingga saat ini.


Baca juga: Cara Menghitung Passing Grade CPNS 2023


Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah saat ini masih melakukan proses verifikasi dan validasi (verval) formasi sesuai dengan ketentuan. 


Ketentuan tersebut antara lain, minimal 2 persen untuk pelamar disabilitas dari keseluruhan jumlah penetapan kebutuhan yang diterima, pembagian komposisi untuk kebutuhan khusus yaitu THK-2 dan non-ASN paling banyak 80 persen, dan kebutuhan umum yaitu pelamar baru paling sedikit 20 persen.


“Kami beritahukan bahwa jadwal pelaksanaan seleksi CASN Tahun Anggaran 2023 telah berubah. Sehubungan dengan hal tersebut, maka surat Plt Kepala BKN Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tanggal 21 Agustus 2023 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023 dinyatakan tidak berlaku,” demikian isi surat tersebut, seperti dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.


Melalui akun instagram resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan peruri.digital, diingatkan mengenai kelengkapan berkas dan persyaratan lengkap. Selain itu, pada proses pendaftaran CPNS diwajibkan untuk menggunakan meterai elektronik. 


Peruri digital dan BKN juga mengunggah video pendaftaran akun meterai elektronik melalui akun instagram di @peruri.digital dan @ bkngoidoffical.


Dalam keterangan foto disebutkan bahwa pelamar CPNS 2023 harus melakukan beberapa hal berikut:

  1. Pendaftaran akun e-meterai melalui akun SSCASN yang terintegrasi dengan meterai-elektronik.com
  2. Pembelian kuota e-meterai di meterai-elektronik.com
  3. Pembubuhan e-meterai pada dokumen bisa dilakukan dengan dua pilihan, yaitu secara langsung pada portal SSCASN atau melalui platform meterai-elektronik.com.


Cara Registrasi dan Top Up Akun E-Meterai 


Untuk mendaftar dan mengisi ulang akun e-meterai, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:


1.Masuk ke akun SSCASN Anda pada bagian unggah dokumen.

2.Klik akun e-meterai Anda.

3.Lakukan registrasi dan klik link aktivasi yang dikirim ke email Anda.

4.Pilih pembelian untuk membeli kuota e-meterai.


Baca juga: Cara Daftar CPNS 2023 dan Syaratnya


“Website meterai-elektronik.com sudah terintegrasi dengan SSCASN1. Anda tinggal login dengan portal CASN Anda menggunakan email yang terdaftar, lalu tempelkan secara langsung,” demikian kutipan dari video di bkngoidofficial.


Baca juga: Cara Beli e-Meterai


Demikianlah artikel tentang cara registrasi dan top up akun E-Materai CPNS 2023. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 komentar