Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Berikut cara cetak kartu ujian CPNS 2023 dan cara mengajukan sanggah bagi yang tidak lolos seleksi administrasi.


Dari tanggal 15 Oktober 2023 sampai 18 Oktober 2023, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memulai pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2023. Pelamar dapat melihat pengumuman tersebut dengan mengunjungi situs resmi sscasn.bkn.go.id.


Masa sanggah akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023. Tahapan pengumuman ini sesuai dengan surat pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 yang dikeluarkan pada tanggal 9 Oktober 2023.

cara cetak kartu ujian cpns 2023


Hasil seleksi tahapan administrasi ini menentukan peserta yang dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika peserta lolos seleksi administrasi CPNS, maka peserta dapat mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) sesuai jadwal yang ditentukan.


Setelah admin instansi menyelesaikan semua tahapan jawab sanggah, maka peserta yang lolos seleksi administrasi harus mencetak kartu ujian CPNS 2023 untuk dapat mengikuti tes SKD CPNS.


Baca juga: 55 Link Cek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS PPPK 2023


Cara Cetak Kartu Ujian CPNS PPPK 2023


Berikut adalah cara mencetak kartu ujian CPNS 2023:


  1. Buka situs sscasn.bkn.go.id
  2. Masuk ke akun SSCASN yang telah dibuat sebelumnya menggunakan email dan password
  3. Klik ‘Resume’
  4. Gulir ke bawah untuk memeriksa hasil seleksi
  5. Jika dinyatakan lolos seleksi, maka Anda bisa mencetak kartu peserta ujian
  6. Klik ‘Cetak kartu peserta ujian’
  7. Klik ‘cetak kartu ujian’
  8. Sistem akan menampilkan pratinjau kartu peserta ujian seleksi CASN 2023


Kartu peserta ujian ini harus dibawa oleh peserta saat akan melaksanakan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), tahap lanjutan seleksi CPNS 2023.


Sebagai informasi, tes SKD akan terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).


Kartu ujian yang dicetak oleh peserta akan mencakup identitas peserta, seperti nama, NIK, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin. Akan tersedia juga detail lainnya seperti instansi, nomor peserta, lokasi formasi, kualifikasi pendidikan, dan formasi jabatan. Selain itu, jangan lupa membaca bagian “perhatian” yang ada pada kartu peserta ujian seleksi CASN 2023 yang berisi informasi penting.


Jika peserta tidak dinyatakan lolos seleksi administrasi, peserta dapat melakukan sanggah hasil seleksi administrasi yang akan berlangsung pada 19-21 Oktober 2023.


Baca juga: Link Download Soal dan Pembahasan Latihan SKD (TWK, TIU, TKP)


Cara Mengajukan Sanggah CPNS 2023


Untuk mengajukan sanggahan CPNS 2023, ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Kunjungi situs resmi sscasn.bkn.go.id
  2. Masuk ke akun Anda menggunakan username atau email dan password yang Anda miliki
  3. Jika Anda tidak lolos seleksi administrasi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan di halaman Resume Pendaftaran yang menyatakan bahwa Anda tidak memenuhi syarat (TMS) beserta alasan yang diberikan.
  4. Pilih opsi “ajukan sanggah”
  5. Isi formulir sanggahan dengan memberikan alasan yang kuat dan relevan
  6. Unggah dokumen sanggahan. Pastikan dokumen yang diunggah sesuai dan relevan dengan alasan yang diberikan selama proses pendaftaran.
  7. Pastikan bahwa alasan sanggahan yang diberikan sesuai dengan dokumen yang ada. Jika alasan yang diberikan tidak sesuai, Anda harus siap menerima konsekuensi yang berlaku.

Setelah mengajukan sanggahan, harap menunggu pengumuman hingga tahapan pengumuman seleksi administrasi pasca masa sanggah, yaitu pada tanggal 22 hingga 28 Oktober 2023.


Demikianlah informasi tentang cara cetak kartu ujian CPNS 2023 dan cara mengajukan sanggah. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Sumber: Liputan6

0 komentar