Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Berikut kami bagikan 55 link kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk cek pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS PPPK 2023.


Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan seleksi administrasi CPNS 2023 dan PPPK pada hari Senin, 16 Oktober 2023. 


Pengumuman seleksi administrasi ini merupakan tahap akhir setelah masa pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 yang berakhir pada tanggal 11 Oktober 2023. 

cek pengumuman hasil seleksi administrasi cpns pppk 2023


Sebelumnya, pengumuman seleksi administrasi CPNS 2023 dan PPPK dijadwalkan berlangsung dari tanggal 15 Oktober 2023 hingga 18 Oktober 2023. 


Namun, BKN mengumumkan bahwa pengumuman seleksi administrasi CPNS dimulai pada hari ini, tanggal 16 Oktober 2023.


“Pengumuman seleksi administrasi CASN 2023. Mulai hari ini, tanggal 16 Oktober 2023,” demikian dikutip dari akun Instagram resmi bkngoidofficial pada hari Senin, 16 Oktober 2023.


Untuk mengecek pengumuman seleksi administrasi CPNS 2023, Anda dapat mengakses akun SSCASN dan laman pengumuman instansi.


BKN juga mengingatkan agar pendaftar CPNS dan PPPK untuk secara berkala memeriksa pengumuman instansi. “Silakan #SobatBKN cek secara berkala pengumuman instansi yak,” tulis BKN.


Sebelumnya, BKN mencatat total ada sebanyak 2.409.882 pelamar hingga akhir pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2023. Dari jumlah tersebut, pelamar formasi CPNS sebanyak 945.404 orang. Selanjutnya, pelamar formasi PPPK terdiri atas pelamar PPPK guru sebanyak 430.020 orang, pelamar PPPK tenaga kesehatan mencapai 388.145 orang, dan pelamar PPPK tenaga teknis sebanyak 637.313 orang. Data statistik tersebut diperoleh pada tanggal 12 Oktober 2023.


Baca juga: Link Download PDF Drilling Semua Jenis Soal CPNS


Hasil administrasi akan diikuti masa sanggah dan jawab sanggah yang akan berlangsung hingga tanggal 23 Oktober 2023. Terkait masa sanggah, pelamar akan diberikan kesempatan selama tiga hari untuk menyanggah dan akan dijawab oleh masing-masing verifikator instansi melalui portal.


Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen, masa sanggah bukanlah kesempatan untuk memperbaiki berkas atau data yang salah diinput oleh pelamar. Namun, masa sanggah adalah kesempatan untuk menyatakan bahwa data yang diinput sudah benar tetapi ada yang terlewat oleh verifikator instansi mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar.


Cara Cek Hasil Seleksi Adminsitrasi CPNS dan PPPK 2023


Berikut adalah cara cek hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK:

  1. Kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Klik ‘Masuk’
  3. Login akun menggunakan NIK dan Password yang telah digunakan untuk mendaftar.
  4. Halaman akan memunculkan tampilan Resume Pendaftaran
  5. Bagi peserta yang dinyatakan lulus atau memenuhi syarat seleksi administrasi, akan muncul pemberitahuan “Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas” pada bagian bawah halaman.
  6. Apabila peserta dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi, maka akan muncul pemberitahuan “Mohon Maaf. Anda tidak lolos tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar”.
  7. Selanjutnya pelamar akan diberi alasan mengapa tidak lolos seleksi administrasi.
  8. Dokumen atau persyararatan yang membuat pelamar tidak lolos seleksi administrasi akan tertera keterangan “tidak memenuhi syarat (TMS)”.
  9. Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus, akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan sanggah terhadap hasil seleksi CPNS 2023 dan PPPK.


Link Pengumuman Hasil Seleksi Adminsitrasi PPPK CPNS 2023


Menurut sumber yang kami temukan, berikut adalah sejumlah situs kementerian dan pemerintah daerah yang akan mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2023:


Kementerian dan Lembaga



Pemerintah Daerah


Berikut adalah daftar situs web kementerian dan pemerintah daerah yang akan mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2023:


  • Pemerintah Daerah Jawa Tengah: https://bkd.jatengprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Jawa Timur: https://bkd.jatimprov.go.id/Rekrutmen-PPPK2023
  • Pemerintah Daerah Jawa Barat: https://bkd.jabarprov.go.id/CASN2023
  • Pemerintah Daerah DKI Jakarta: https://bkddki.jakarta.go.id/
  • Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta: https://bkd.jogjaprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Bali: https://bkpsdm.baliprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Kalimantan Timur: https://bkd.kaltimprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Riau: https://bkd.riau.go.id/
  • Pemerintah Daerah Padang: https://bkd.padang.go.id/
  • Pemerintah Daerah Batam: https://bkpsdm.batam.go.id/
  • Institut Kepolisian Negara (IKN): https://www.ikn.go.id/en/karier
  • Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT): https://bkd.nttprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB): https://bkd.ntbprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan: https://bkd.sulselprov.go.id/
  • Pemerintah Daerah Sulawesi Utara: https://www.sultraprov.go.id/


Demikianlah artikel tentang 55 link cek pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS PPPK 2023. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 komentar