Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Macam-Macam Kebutuhan - Apa yang dimaksud dengan kebutuhan? Pengertian kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mempertahankan hidup serta memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.

Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang beragam dan tidak terbatas. Contohnya: kebutuhan untuk makan, minum, pakaian, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Jenis-jenis kebutuhan manusia tersebut dapat digolongkan menjadi 5 macam yaitu
  1. macam kebutuhan menurut intensitasnya, 
  2. macam kebutuhan menurut sifat, 
  3. macam kebutuhan menurut bentuk/wujudnya, 
  4. macam kebutuhan menurtu waktu, dan 
  5. macam kebutuhan menurut subjek.
Macam-Macam / Jenis Kebutuhan Manusia dan Contohnya Lengkap


Macam-macam Kebutuhan menurut Intensitasnya / Kepentingan


1. Kebutuhan Primer


Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau kebutuhan yang harus dipenuhi supaya manusia dapat hidup dengan layak atau dapat mempertahankan hidupnya.

Contoh kebutuhan primer adalah sandang, pangan, dan papan. Penjelasan singkatnya sebagai berikut.
  • Sandang: pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya. Pakaian berfungsi sebagai pelindung dari panas dan dingin.
  • Pangan: kebutuhan paling utama manusia. Bahan makanan pokok memegang peranan utama dalam memenuhi kebutuhan manusia.
  • Papan: kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal.

2. Kebutuhan Sekunder


Kebutuhan sekunder adalah jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan primer terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder disebut kebutuhan pelengkap, dipenuhi untuk melengkapi kebutuhan primer.

Contoh kebutuhan sekunder misalnya makanan yang bergizi, pakaian yang baik, rumah yang baik, pendidikan yang baik atau juga untuk melengkapi makan seperti sendok, piring, garpu.

3. Kebutuhan Tersier


Kebutuhan tersier adalah jenis kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder, yang biasanya untuk menaikkan status sosial seseorang.

Contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, rumah mewah, tas branded, dan lain sebagainya.

Macam-macam Kebutuhan menurut Sifatnya


1. Kebutuhan Jasmani


Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau tubuh seseorang. Kebutuhan yang diperlukan untuk pemenuhan fisik/jasmani yang sifatnya kebendaan.

Contoh kebutuhan jasmani adalah olahraga, makan, minum, istirahat, tidur dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Rohani


Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan rohani atau kejiwaan seseorang. Kebutuhan jenis ini sifatnya relatif karena tergantung pada pribadi seseorang yang membutuhkan.

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan.

Contoh kebutuhan rohani misalnya untuk menguatkan iman, manusia memerlukan siraman rohani berupa nasihat dan petunjuk keagaaman; untuk mencerdaskan dan meningkatkan keterampilan manusia membutuhkan pendidikan; untuk menyegarkan pikiran, manusia butuh hiburan.

Macam-macam Kebutuhan Manusia menurut Subjek yang Membutuhkan


1. Kebutuhan Individual


Kebutuhan individual adalah kebutuhan akan barang atau jasa yang hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan secara individu atau perorangan.

Contoh kebutuhan individu adalah  kebutuhan makan, minum, mandi, berpakaian. Kebutuhan individu tiap orang berbeda, kebutuhan individu seorang dokter berbeda dengan kebutuhan individu seorang petani.

2. Kebutuhan Sosial/Umum


Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan barang atau jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang atau suatu kelompok masyarakat atau kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersamaan.

Contoh kebutuhan sosial adalah siskamling, rumah sakit, jalan umum, jembatan, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya.

Macam-macam Kebutuhan menurut Waktu


1. Kebutuhan Saat Ini/Sekarang


Kebutuhan yang waktu pemenuhannya tidak bisa ditunda-tunda lagi atau kebutuhan yang harus segera terpenuhi atau kebutuhan yang benar-benar diperlukan saat ini secara mendesak.

Contohnya: makan saat lapar, minum obat untuk orang sakit, memakai payung saat hujan dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Mendatang/Masa Depan


Kebutuhan yang waktu pemenuhannya dapat ditunda untuk waktu yang akan datang, tetapi harus mulai direncanakan dari sekarang.

Contohnya: kebutuhan akan biaya kuliah untuk anak yang masih SD, kebutuhan akan biaya membeli rumah untuk anak yang masih SMA dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan yang Tidak Tentu Waktunya


Kebutuhan yang terjadi secara tiba-tiba dan bersifat insidentil (kadang-kadang terjadi). Contohnya: kebutuhan berupa bantuan untuk saudara/teman yang tertimpa musibah dan biaya pengurusan kecelakaan.

4. Kebutuhan Sepanjang Waktu


Kebutuhan yang memerlukan waktu yang lama dan bisa dikatakan untuk sepanjang waktu. Contohnya: kebutuhan untuk menuntut ilmu ata belajar, saat ini kebutuhan akan mencari ilmu merupakan kebutuhan pokok bagi tiap manusia dan diperlukan sepanjang hidupnya.

Macam-macam Kebutuhan menurut Bentuk/Wujudnya


1. Kebutuhan Material/Berwujud


Kebutuhan material adalah kebutuhan yang berbentuk benda berwujud atau material atau kebutuhan berupa barang yang dapat dilihat. Contohnya seperti rumah, tas, pakaian, komputer dan lain-lain.

2. Kebutuhan Immaterial/Tak Berwujud


Kebutuhan immaterial adalah kebutuhan yang berbentuk benda yang tak berwujud atau immaterial atau kebutuhan yang tidak dapat dilihat, diraba namun dapat dirasa manfaatnya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Contohnya seperti penjelasan guru, petunjuk dokter, nasihat dari penceramah, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel hari ini tentang 13 Macam-Macam / Jenis Kebutuhan Manusia dan Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih. 

Referensi: ips-web-id.blogspot.com/2011/07/macam-macam-jenis-kebutuhan-manusia.html
akhmuhammadarifin.blogspot.com/2014/06/macam-macam-kebutuhan-manusia.html
www.materisma.com/2014/05/penjelasan-macam-macam-kebutuhan-manusia.html
ekonomisku.blogspot.com/2015/02/macam-macam-kebutuhan.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR