Type something and hit enter

Posted by On
Banyak yang ingin menjadi ASN/PNS, rekrutmen P3K Tahap II dan CPNS 2019 bakal segera dibuka, kapan jadwalnya? Yang mana duluan?

Coretanpemuda.com - Pemerintah tahun ini berencana menggelar tiga kali perekrutan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni melalu seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I yang sudah selesai, PPPK Tahap II yang akan segera dilaksanakan, dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang juga akan dilaksanakan.

Adapun rekrutmen PPPK Tahap I eks Honorer K2 telah dilakukan pada rentang waktu 10-16 Februari 2019 lalu. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana buka kemungkinan, seleksi PPPK Tahap II akan dilaksanakan lebih dulu, karena jumlah pendaftarnya yang lebih banyak.

Simak: Pengumuman Kelulusan PPPK Tahap I Honorer K2 Ditunda, Apa Penyebabnya?

Rekrutmen PNS Selanjutnya, PPPK Tahap II Atau CPNS 2019? Pilih Mana?


"Saya lebih memilih PPPK dulu. Karena PPPK ini lebih banyak pendaftarnya daripada CPNS. CPNS umum ini kan lebih ke anak muda (pendaftarnya), fresh graduate. CPNS kan dibatasi usia 35 tahun," urai dia di Jakarta, Senin (18/3).

"CPNS kan pendaftarnya lebih sedikit daripada PPPK, karena dibatasi usia. Jadi saya akan mencoba mengejar itu (PPPK Tahap II) dulu," dia menambahkan.

Rencananya, masa pendaftaran PPPK 2019 Tahap II ini kemungkinan bakal dibuka pada kurun waktu antara bulan Juni - Juli 2019.

Bima melanjutkan, KemenPANRB telah mengalokasikan 150.000 posisi untuk dua kali tahap perekrutan PPPK  pada tahun ini (2019).

Namun demikian, baru sekitar 50.000 posisi yang terisi pada perekrutan ASN kontrak tahap pertama. Sehingga untuk fase kedua ini akan dibuka perekrutan PPPK sebanyak kurang lebih 100.000 formasi.

"Sebetulnya Tahap I disediakan 75 ribu, dikasih alokasi 150 ribu (untuk dua tahap perekrutan). Cuman yang sekarang kan baru kepakai 50 ribu (formasi). Masih ada sisa kan. Kalau bisa saya tarik ke belakang kan jadi 100 ribu," ujar Bima.

Sumber: Liputan6.com

0 komentar