Type something and hit enter

Posted by On
Soal Seleksi CPNS 2019 dan PPPK Bakal Sesulit Tahun Lalu?

Apakah nanti soal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap II bakal sesulit tahun lalu? Atau lebih mudah? Berikut pernyataan dari Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.

Coretanpemuda.com - Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas masih terus mempersiapkan penerimaan PPPK dan CPNS 2019. Salah satunya terkait dengan soal-soal dalam seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, soal untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bersifat nasional yang disusun oleh Panselnas dari unsur Kemendikbud dan Kemenristekdikti.

Mau tau contoh soal tes SKD? Klik link berikut: Kumpulan Soal Tes SKD (TWK, TIU, TKP) & Kunci Jawabannya

"SKD disusun oleh Panselnas dari unsur Kemendikbud dan Kemenristekdikti. Tipe soalnya High Order Thinking Skill (HOTS)," ujar dia di Kantor BKN, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Ridwan mengungkapkan, tingkat kesulitan pada soal seleksi CPNS ini tidak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Walaupun demikian, soal yang disusun akan menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Kesulitannya tidak berubah, tetapi tantangannya mengikuti perkembangan zaman. Karena ketika mereka menjadi PNS nanti, mereka harus mampu menjadi perekat NKRI," kata dia.

Sementara itu untuk pembagian soal per wilayah, Ridwan menyatakan pada tiap-tiap daerah akan memiliki tingkat kesulitan soal yang berbeda. Hal ini sama seperti yang telah diterapkan sejak 2013 silam.

"Tingkat kesulitan soal berbeda tiap daerah, dari tahun 2013 tipe soal itu tetap ada. (Pembagian tingkat kesulitan soal) Itu kan Kemendikbud punya rangking untuk masing-masing daerah. Misalnya berkaca dari hasil UN (Ujian Nasional). Itu jadi basis pemilihan daerah," tandas dia.

Sumber: Liputan6.com (Septian Deny).

0 komentar