Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Apabila Anda berminat untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) nonguru segera bersiap karena pendaftarannya dipastikan dimulai pada Mei hingga Juni 2021. 


Seperti yang kita tah sebelumnya telah dimulai pendaftaran Sekolah Kedinasan pada April ini.


Baca juga: Sekolah Kedinasan Dibuka April


Kapan Jadwalnya?

CPNS 2021


Selanjutnya proses seleksi CPNS dan PPPK akan berlangsung mulai dari Juli hingga Oktober 2021. Sementara itu untuk pengumuman akan disampaikan pada November 2021. Hal ini disampaikan oleh Plt Deputi SDM Aparatur KemenPANRB, Teguh Widjanarko.


Berapa Total Pengadaan CPNS?


Total pengadaan calon ASN atau CPNS pada tahun ini mencapai 1.275.387. Dari total tersebut, sebanyak 83.669 formasi untuk pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah 1.191.718.


Jumlah ini juga termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, serta PPPK nonguru dan CPNS sebanyakk 119.094 formasi.


Proses pendaftaran akan dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) BKN. Terkait lokasi seleksi, Kementerian PANRB bersama BKN masih belum menentukan lokasi seleksi CPNS dan PPPK untuk tahun ini.


Intinya, seleksi akan dilaksanakan di kantor pusat BKN, kantor regional BKN, Unit pelaksana Teknis (UPT) BKN, dan tempat-tempat tes tambahan baik itu yang dibiayain BKN maupun dibiayai mandiri oleh instansi.


Pendaftaran Hanya di Portal Resmi


Kepala BKN Bima Haria Wibisana memastikan hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja, yaitu portal sistem SSCASN. Portal tersebut akan mempermudah peserta melakukan pendaftaran secara terpusat melalui laman resmi SSCASN, sscasn.go.id yang dikelola oleh BKN.


Siapkan Beberapa Dokumen Ini!


Sebagai informasi tambahan, merujuk pada rekrutmen CPNS 2019 lalu, peserta seleksi harus menyiapkan beberapa dokumen utama yaitu:

  1. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Pas foto.
  4. Swafoto.
  5. Ijazah.
  6. Trankrip nilai asli.
  7. Dokumen pendukung lainnya.


Dokumen yang perlu disiapkan di atas kemudian akan diunggah ke dalam portal SSCASN yang telah kami sebutkan tadi.


Fitur Baru SSCASN 2021


Untuk tahun ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya peningkatan fitur dalam layanan SSCASN. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Portal SSCASN terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan.
  • Akses data ijazah.
  • Akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.


Sumber: Liputan6

0 komentar