Type something and hit enter

Posted by On
Coretanpemuda.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 dikabarkan diundur. Kapan jadwal tepatnya? Simak disini.

Sebelumnya diberitakan bahwa CPNS 2023 akan dibuka akhir Juni ini. Namun dari berita terbaru yang kami dapatkan, yang diberitahukan oleh MenpanRB Azwar Anas menyebutkan bahwa CPNS 2023 akan dibuka pada September mendatang.

Menurutnya, pembukaan seleksi akan dilakukan setelah formasi untuk CPNS ditetapkan secara resmi.
seleksi cpns 2023


Anas juga sudah melaporkan perihal seleksi CPNS 2023 kepada Presiden Joko Widodo.

Anas melanjutkan, pihaknya tengah menghitung kepastian formasi untuk lowongan CPNS tersebut.

Untuk sementara, berdasarkan usulan dari berbagai kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah (pemda) menyebutkan ada 1 juta formasi untuk CPNS 2023.

Dari keseluruhan formasi tersebut, nantinya 80 persen diperuntukkan bagi formasi Pegawai Pemerintah untuk Perjanjian Kerja (PPPK) dan 20 persen sisanya diperuntukkan bagi fresh graduate atau individu yang baru lulus kuliah.

Anas menjelaskan, dengan pembagian formasi tersebut, pemerintah mengharapkan CPNS 2023 bisa menyelesaikan persoalan tenaga honorer.

Sekaligus untuk memberikan kesempatan bagi para fresh graduate yang ingin mengabdi kepada negara.

Fresh graduate diutamakan yang talenta digital dengan kriteria yang sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat di kementerian dan lembaga, maupun pemda di seluruh Indonesia lanjut Azwar Anas.

Untuk rincian perihal formasi 1 juta CPNS 2023 baca di artikel kami sebelumnya disini:


Anas menjelaskan lebih lanjut bahwa jumlah formasi di atas masih akan dikaji kembali.

Sebab hingga saat ini masih ada beberapa instansi yang belum mengirimkan usulan formasi CPNS 2023.

Demikianlah informasi tentang kapan jadwal seleksi CPNS 2023 yang dikabarkan diundur. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Kompas / Dian Erika Nugraheny

0 komentar