Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan informasi terkait penghasilan atau gaji dalam pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) 2023. 


Calon peserta dapat memeriksa informasi gaji untuk formasi CPNS dan PPPK 2023 di situs web sscasn.bkn.go.id.


Pelaksana Tugas Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menyampaikan bahwa mereka juga menyajikan informasi tambahan seperti uraian tugas, kelas jabatan, hingga jenjang jabatan dalam pendaftaran CASN 2023. 

cek gaji cpns pppk 2023

BKN menyertakan detail informasi ini untuk mencegah peserta yang memilih untuk mengundurkan diri setelah mengetahui besaran gaji dan deskripsi pekerjaannya. 


“Beberapa alasan pengunduran diri peserta seleksi antara lain adanya ketidaksesuaian antara pekerjaan dan penghasilan dengan harapan pelamar,” kata Haryomo, seperti dikutip dari situs web BKN.


Baca juga: Jadwal Terbaru Penerimaan CPNS 2023


Jumlah Pelamar yang mengundurkan Diri


Haryomo menjelaskan bahwa terdapat 1.921 peserta yang memilih untuk mengundurkan diri dengan berbagai alasan pada pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2022. 


Salah satu alasan utama peserta mengundurkan diri adalah ketidaksesuaian antara pekerjaan dan gaji dengan ekspektasi mereka. 


Selain itu, lokasi penempatan juga menjadi alasan lain peserta memilih untuk mundur dari pendaftaran PPPK. 


Dengan informasi detail yang disajikan di laman ASN Karier pada pendaftaran CASN 2023, diharapkan peserta dapat mempertimbangkan secara matang posisi yang akan mereka daftar


Cara Cek Informasi Gaji pada Pendaftaran CASN 2023 


Untuk mengetahui informasi gaji pada pendaftaran CASN 2023, berikut adalah langkah-langkahnya. 


Harap diperhatikan bahwa tanggal pembukaan pendaftaran CASN 2023, yang mencakup penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan PPPK, telah resmi ditunda. 


Sebelumnya, BKN mengumumkan bahwa pendaftaran CASN akan dibuka pada 17 September 2023, namun kemudian diubah menjadi 20 September 2023. 


“Jadwal pengadaan CASN 2023 telah berubah,” kata Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Nur Hasan, kepada Kompas.com pada hari Minggu (17/9/2023). 


Sebelum pendaftaran CASN 2023 dibuka, peserta dapat terlebih dahulu memeriksa berapa gaji yang akan mereka terima sebagai CPNS atau PPPK melalui ASN Karier. 


Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Kunjungi situs web sscasn.bkn.go.id.
  2. Setelah masuk ke halaman utama, pilih “Tingkat Pendidikan” dan program studi.
  3. Peserta juga dapat menambahkan nama instansi atau jenis pengadaan pada kolom “Cari Instansi” dan “Semua Jenis Pengadaan”. Pilihan ini bersifat opsional.
  4. Setelah itu, klik “Cari”.
  5. Klik “Saya mengerti”.
  6. Tunggu sampai daftar formasi muncul.
  7. Pilih formasi yang diinginkan dengan cara klik “Lihat”.
  8. Tunggu beberapa saat sampai detail informasi yang mencakup kualifikasi pendidikan, unit kerja, instansi, termasuk detail gaji muncul.

Sebagai contoh, peserta lulusan S-1 Ilmu Akuntansi yang mendaftar sebagai Ahli Pratama Pengelola Pengadaan Barang/Jasa akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp 5.500.000-Rp 6.700.000. Formasi tersebut tersedia di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.


Baca juga: Cara Cek Formasi CPNS 2023


Demikianlah artikel tentang cara cek gaji saat daftar CPNS dan PPPK 2023 di SSCASN. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 komentar