Type something and hit enter

Posted by On


Coretanpemuda.com - Berikut ini adalah contoh dari kisi-kisi tes kompetensi PPPK Guru 2023, termasuk materi yang diujikan, jumlah soal, dan durasi pengerjaan soal.



Peraturan tentang kisi-kisi soal tes kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru telah ditetapkan melalui Keputusan KemenpanRB Nomor 649 tahun 2023. 


Calon peserta formasi PPPK Guru 2023 dapat memanfaatkan kisi-kisi ini sebagai bahan persiapan dalam menghadapi seleksi kompetensi. 


kisi kisi tes kompetensi pppk guru


Pendaftaran seleksi PPPK Guru 2023 telah dibuka sejak tanggal 20 September hingga 9 Oktober di situs SSCASN BKN.


Proses Seleksi


Peserta pertama-tama akan menjalani seleksi administrasi, yang berlangsung hingga tanggal 12 Oktober 2023. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 13-16 Oktober. 


Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan berhak mengikuti seleksi kompetensi yang dilaksanakan pada tanggal 8 November hingga 2 Desember 2023.


Materi yang Diujikan dalam Tes Kompetensi PPPK Guru


Materi yang diujikan dalam tes kompetensi PPPK Guru 2023 meliputi:

  • - Kompetensi Teknis: Materi ini ditujukan untuk mengukur pengetahuan, perilaku, dan keterampilan spesifik yang sesuai dengan bidang teknis jabatan guru.
  • - Kompetensi Manajerial: Materi ini dirancang untuk mengukur sejauh mana komitmen, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam berorganisasi. Lebih detail lagi, akan mengevaluasi integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi hasil, pengembangan diri dan orang lain, pelayanan publik, pengelolaan perubahan, serta pengambilan keputusan.
  • - Kompetensi Sosial Kultural: Materi ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan sikap berdasarkan pengalaman interaksi di masyarakat. Aspek utamanya adalah melihat kepekaan terhadap keberagaman, kemampuan bersosialisasi, kepekaan terhadap pentingnya persatuan, dan rasa empati.
  • - Wawancara: Wawancara dalam tes kompetensi PPPK Guru 2023 akan mencari informasi yang bersifat non-kognitif. Hal ini dilakukan untuk menilai kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan yang termasuk dalam integritas serta moralitas.


Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci tentang kisi-kisi, jumlah soal, durasi, dan passing grade PPPK Guru 2023.


Kisi-Kisi Soal Tes Kompetensi PPPK Guru 2023


Soal tes kompetensi PPPK Guru 2023 mencakup teknis, manajerial, sosio kultural,dan wawancara. Materi kompetensi teknis diberikan untuk mengukur pengetahuan, perilaku, dan keterampilan spesifik sesuai bidang teknis jabatannya. 


Selanjutnya, soal tes kompetensi manajerial akan mengukur bagaimana komitmen, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam berorganisasi. 


Lebih rinci lagi, akan menilai integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi hasil, pengembangan diri dan orang lain, pelayanan publik, mengelola perubahan, serta pengambilan keputusan.


Selain itu, ada juga materi sosio kultural yang ditujukan untuk mengukur pengetahuan dan sikap berdasarkan pengalaman interaksi di masyarakat. 


Aspek utamanya untuk melihat kepekaan terhadap keberagaman, kemampuan bersosialnya, kepekaan akan pentingnya persatuan, dan rasa empati.


Wawancara dalam tes kompetensi PPPK Guru 2023 akan mencari informasi yang sifatnya non kognitif. Hal ini dilakukan demi menilai kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan yang termasuk dalam integritas serta moralitas.


Jumlah Soal Tes Kompetensi PPPK Guru 2023 dan Durasinya


Sebagaimana tertulis dalam diktum kedua puluh lima, Keputusan KemenpanRB Nomor 649 tahun 2023 (hlm. 7), jumlah soal seleksi kompetensi PPPK Guru terdiri dari 145 butir. 


Berikut ini rincian untuk masing-masing materinya:

  • Materi Kompetensi Teknis: 90 soal
  • Materi Kompetensi Manajerial: 25 soal
  • Materi Kompetensi Sosial Kultural: 20 soal
  • Wawancara: 10 soal
 

Durasi pengerjaan seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 diberikan berbeda untuk peserta biasa dan penyandang disabilitas. 


Untuk peserta umum, tes kompetensi teknis, manajerial, dan sosio kultural diberikan durasi sebanyak 120 menit. 


Sementara penyandang disabilitas diberikan waktu selama 150 menit. Kemudian, durasi waktu wawancara untuk penyandang disabilitas adalah 15 menit. 


Peserta selain itu hanya diberikan durasi wawancara sebanyak 10 menit.


Passing Grade PPPK Guru 2023


Angka tertinggi secara kumulatif dalam seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 adalah 670. Nilai tersebut dibagi atas 

  • 450 materi teknis, 
  • 180 tes kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta 
  • 40 dari wawancara. 


Passing grade seleksi kompetensi PPPK Guru atau nilai ambang batasnya dibedakan untuk masing-masing materi. Berikut ini rincian passing grade tersebut:

  • Passing Grade Tes Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023: Berbeda-beda sesuai jabatan fungsional (lihat disini)
  • Passing Grade Tes Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural PPPK Guru 2023: 117
  • Passing Grade Tes Kompetensi Wawancara PPPK Guru 2023: 24


Jadwal dan Tahapan Seleksi PPPK Guru 2023


Berikut ini jadwal dan tahapan lengkap seleksi PPPK Guru 2023:

  1. Pengumuman Seleksi: 19 September-3 Oktober 2023
  2. Pendaftaran Seleksi: 20 September-9 Oktober 2023
  3. Seleksi Administrasi: 20 September-12 Oktober 2023
  4. Pengumuman Seleksi Administrasi: 13-16 Oktober 2023
  5. Masa Sanggah: 17-19 Oktober 2023
  6. Jawab Sanggah: 17-21 Oktober


Demikianlah link download kisi-kisi tes kompetensi PPPK Guru tahun 2023. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 komentar