Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Bangsa terbentuk karena ada faktor-faktor penting dalam pembentukan bangsa Indonesia yaitu faktor primordial, keagamaan, tokoh masyarakat, faktor sejarah atau rasa senasib, persamaan wilayah tempat tinggal, faktor perkembangan ekonomi, dan kelembagaan serta bhineka tunggal ika yang memupuk persatuan.

Berikut ini penjelasaan dari faktor-faktor terbentuknya bangsa Indonesia.

8 Faktor- Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia [Lengkap]


1. Faktor Primordial


Primordial yaitu adanya kesamaan pandangan atau paham antar daerah Indonesia yang berkaitan erat dengan tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, dan nilai budaya.

Istilah primordial pada umumnya diartikan sebagai "keterikatan kepada asal-usul suku, keturunan, ras dan agama", sehingga dikenal dengan istilah primordialisme.

Primordialisme adalah sebuah pandangan yang memegang erat prinsip hidup yang menyertainya sejak anak-anak berkaitan dengan tradisi, kepercayaan, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala hal yang ada dalam lingkungan asal mula seseorang dibesarkan.

Banyak sekali kelompok masyarakat pada mulanya terbentuk berdasarkan ikatan primordial.

Ikatan primordial yaitu masyarakat yang terbentuk berdasarkan kesamaan suku bangsa, ras, budaya, agama dan asal usul keturunan.

2. Faktor Sakral/Keagamaan


Kesamaan akan kepercayaan agama yang dianut juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembentukan bangsa Indonesia.

Seperti pada sila pertama, Indonesia menganut kepercayaan Ketuhanan yang mengakui ada 6 agama resmi yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu.

Keenam agama tersebut mempunyai tempatnya sendiri dalam diri bangsa Indonesia. Masing-masing agama dapat hidup berdampingan dibawah payung ideologi bangsa Indonesia, Pancasila.

3. Faktor Tokoh Masyarakat


Tokoh bisa menjadi panutan masyarakat untuk mewujudkan visi misi bangsa Indonesia.

Terbentuknya bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran beberapa tokoh pejuang, seperti Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Jend. Sudirman dan masih banyak lainnya.

Para tokoh tersebut dengan rela berjuang mengorbankan segalanya demi terbentuknya serta mempertahankan bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Adanya tokoh karismatik inilah yang membuat tiap wilayah Indonesia bersatu.

4. Faktor Sejarah


Seperti yang kita tau sebagian besar wilayah Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing.

Negara-negara yang pernah menjajah Indonesia antara lain Belanda, Portugis, Inggris, Jepang, Spanyol dan Prancis.

Sejarah dan pengalaman pada masa lalu itulah yang melahirkan rasa solidaritas atau rasa senasib dan sepenanggungan sehingga munculnya suatu tekat untuk satu tujuan antar kelompok masyarakat untuk melakukan perjuangan kemerdekaan.

5. Persamaan wilayah tempat tinggal


Indonesia adalah negara kepulauan yang luas dari Sabang sampai Merauke. Walaupun demikian, satu wilayah terikat antara satu sama lain.

Salah satu penyebab mengapa terjadi persatuan antar wilayah ini dikarenakan adanya kerajaan-kerajaan yang menghimpun secara bergantian sejak dahulu kala mulai dari kerajaan Sriwijaya, Demak, Majapahit, Kutai hingga Goa di Sulawesi.

6. Faktor Perkembangan Ekonomi


Faktor perkembangan ekonomi di masyarakat melahirkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Semakin tinggi tingkat variasi kebutuhan di masyarakat maka semakin tinggi pula ketergantungan akan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan yang pada akhirnya akan meningkatkan rasa solidaritas dan mempererat hubungan antar anggota masyarakat.

7. Faktor Kelembagaan


Dalam proses pembentukan suatu bangsa, faktor kelembagaan tak kalah penting dari faktor lainnya.

Kelembagaan akan mempertemukan pemerintah sebagai instansi dengan berbagai kepentingan di kalangan masyarakat sehingga membentuk suatu kepentingan nasional, watak kerja, dan pelayanannya.

Lembaga pemerintah seperti angkatan bersenjata yang setiap personilnya dibentuk dari berbagai golongan yang ada di masyarakat.

Kehadiran kelembagaan inilah yang menjadi andil dalam proses pembentukan sebuah bangsa.

8. Bhineka Tunggal Ika (Unity in Diversity)


Faktor bhineka tunggal ika yang memiliki arti walaupun berbeda-beda tetapi satu jua. Prinsip tersebut yang membuat bangsa Indonesia berdiri.

Walaupun setiap warga negara memiliki keterikatan pada identitas kelompoknya masing-masing, mereka lebih memilih untuk bersatu sepakat untuk hidup bersama dalam kerangka politik dan dibawah payung hukum, menghargai perbedaan dibawah pemerintahan yang sah, Indonesia.

Baca juga: Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap] 


Demikianlah artikel hari ini tentang 8 Faktor-Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia [Lengkap]. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.   

Referensi: id.lifeder.com/faktor-pembentuk-bangsa-indonesia/
jeckprodeswijaya.blogspot.com/2014/05/pengertian-bangsa-dan-faktor-pembentuk.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR