Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Istilah bangsa memiliki berbagai makna dan pengertian yang beragam. Bangsa merupakan terjemahan dari kata "nation". Kata "nation" bermakna keturunan atau bangsa.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka dari itu pengertian bangsa juga mengalami perkembangan. Awalnya, bangsa hanyalah sekelompok orang yang dilahirkan pada tempat yang sama.

Dalam arti sosiologis bangsa termasuk "kelompok paguyuban" yang secara kodrati ditakdirkan untuk hidup bersama dan senasib sepenanggungan di dalam suatu Negara.

Misalnya, Negara Republik Indonesia ditakdirkan atas berbagai suku bangsa. Paling tidak terdapat 300 suku yang menggunakan 200 bahasa yang berbeda (Ainul Yakin, 2005:4).

Dalam Ilmu Tata Negara terdapat berbagai pengertian bangsa menurut para ahli. Mengenai pengertian ada beberapa batasan oleh pakar (Budiyanto, 1997) seperti di bawah ini.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian bangsa secara umum


Pengertian bangsa secara umum adalah kumpulan masyarakat yang membentuk Negara.

"Nation" dalam bahasa Indonesia, diistilahkan bangsa, yaitu orang-orang yang bersatu karena kesamaan keturunan. Sebaliknya, dalam arti bahasa Inggris dapat dicontohkan seperti wangsa, trah (Jawa) dan marga (Batak), misalnya wangsa Syailendra, trah Mangkunegara, marga Simatupang. Mereka menjadi satu bangsa karena berasal dari keturunan yang sama. 

Pengertian bangsa menurut beberapa ahli


1. Ernest Renan


Pengertian bangsa dikemukakan pertama kali oleh ernest renan pada tahun 1882, yang dimaksud dengan bangsa adalah:
  • Kemuliaan besama di waktu lampau, yang merupakan aspek historis.
  • Keinginan untuk hidup bersama (hasrat untuk bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung yang merupakan aspek solidaritas.

2. Otto Bauer


Menurutnya, suatu bangsa ialah suatu masyarakat ketertiban yang muncul dari masyarakat yang senasib atau bangsa adalah suatu kesamaan perangai yang timbul karena senasib.

3. Hans Kohn


Pengertian bangsa menurut hans kohn adalah buah hasil hidup manusia dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak.

Kebanyakan bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Faktor-faktor tersebut berupa persamaan keturunan, wilayah, bahsa, adat istiadat, kesamaan politik, perasaan dan agama.

4. Smith


Sebuah bangsa didefinisikan sebagai sebuah populasi manusia yang menempati sebuah wilayah bersejarah, berbagi mitologi dan ingatan akan budaya bersama, serta memiliki hukum dan kebiasaan-kebiasaan bersama bagi seluruh anggotanya.

5. F Ratzel


Bangsa terbentuk karena adanya hasrat untuk bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dengan tempat tinggalnya (paham geopolitik).

6. Jalobsen Lipman


Menurutnya bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan kesatuan politik (political unity).

7. Ben Anderson


Pengertian bangsa menurut ben anderson adalah pemahaman atas suatu masyarakat yang memiliki akar sejarah yang sama dimana praxis pengalaman atas penjajahan begitu kental di rasakan oleh masyarakat terjajah dan semakin lama akan semakin mengkristalkan pengalaman atas rasa solidaritas kebersamaan yang tinggi diantara mereka.

8. Lothrop Stoddard 


Pengertian bangsa menurut lothrop stoddard, adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang lumayan banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa.

9. Cilfford Geertz


Clifford Geertz mendefinisikan bangsa sebagai sekelompok manusia yang memiliki etos budaya yan sama.

10. Bangsa dalam arti Politis


Bangsa dalam arti politis adalah sekelompok manusia yang memiliki satu paham dan ideologi yang sama dalam suatu organisasi kekuasaan dalam negara, misalnya bangsa Indonesia.

Selain itu, bangsa dalam arti politis dapat dikatakan bahwa bangsa sebagai sekelompok masyarakat dalam satu daerah yang sama dan tunduk kepada kedaulatan negaranya sebagai kekuasaan tertinggi, baik ke dalam maupun ke luar.

Jadi, bangsa dalam arti politis adalah bangsa yang sudah bernegara dan mengakui serta patuh dan taat pada kekuasaan dari negara yang bersangkutan.

Bangsa dalam arti ini diikuti oleh suatu kesatuan wilayah nasional, hukum, aturan yang berlaku, dasar, dan ideologi negara.

11. Bangsa dalam arti Sosiologis-Antropologis


Bangsa dalam pengertian sosiologis-antropologis dibedakan menjadi dua, yaitu bangsa dalam arti etnis dan bangsa dalam arti kultural.

a. Bangsa dalam arti etnis 


Bangsa dalam arti etnis merupakan sekelompok mansia yang memiliki satu keturunan atau ras yang tinggal dalam satu wilayah tertentu dengan ciri-ciri jasmani yang sama, seperti kesamaan warna kulit dan bentuk tubuh.

b. Bangsa dalam arti kultural


Bangsa dalam arti kultural adalah sekelompok manusia yang memiliki ciri-ciri khas kebudayaan yang sama, seperti adat istiadat, mata pencaharian, bahasa, dan unsur-unsur kesamaan budaya.

12. KBBI


Pengertian bangsa menurut KBBI, adalah sekelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintah sendiri.

13. Wikipedia


Pengertian bangsa menurut Wikipedia, adalah sekeelom manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan dalam segi bahasa, budaya, ideologi, sejarah, dan tujuan yang sama.

Demikianlah artikel hari ini tentang Definisi Bangsa Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.   

Referensi: www.kitapunya.net/2017/06/pengertian-bangsa-secara-umum-dan.html
learniseasy.com/pengertian-bangsa-menurut-para-ahli.html

KLIK UNTUK BERKOMENTAR