Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Banyak sekali terdapat macam bentuk permukaan bumi di dasar laut. Contoh bentuk muka bumi di lautan antara lain punggung laut, gunung laut, ambang laut dan sebagainya.

Maka dari itu relief permukaan bumi bermacam-macam. Relief permukaan bumi adalah perbedaan tinggi rendah permukaan bumi.

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas macam bentuk muka bumi di daratan. Bagi kalian yang belum melihatnya, disarankan untuk membacanya terlebih dahulu.

Berikut adalah penjelasan bentuk muka bumi lautan beserta gambarnya.

12 Macam Bentuk Muka Bumi Dasar Lautan beserta Gambarnya


1. Punggung laut


Apa yang dimaksud dengan punggung laut? Punggung laut adalah bentukan yang ada di dasar laut yang mirip tanggul raksasa.

Panjang punggung laut bisa mencapai ribuan kilometer. Punggung laut yang berlereng curam disebut ridge, sedangkan yang berlereng landai disebut rise.

Punggung laut memiliki bentuk seperti bukit di dasar laut. Sebagian dari punggung laut ada yang muncul di atas permukaan air laut. Contohnya, Punggung Laut Sibolga.

2. Gunung Laut


Apakah gunung laut itu? Gunung laut adalah sebuah gunung yang naik dari dasar laut, tetapi tidak sampai naik hingga permukaan laut.

Gunung laut pada umumnya ditemukan terbentuk dari poses pembentukan gunung berapi dan muncul pada kedalaman mulai dari 1000-4000 meter dari kedalaman dasar laut. Contohnya, Gunung Krakatau.

3. Palung Laut


Palung laut atau juga disebut trog ada jurang yang berada di dasar laut yang sangat sempit, curam dan mempunyai kedalaman >5000 meter terjadi karena ingresi.

Palung merupakan depresi topografi sempit yang merupakan bagian terdalam dari lantai samudera. Palung yang terdalam di Bumi adalah palung Mariana, yang berada di barat laut Samudra Pasifik, memiliki kedalaman sekitar 10.923 meter.

4. Lubuk Laut


Lubuk laut / basin/ bekken adalah dasar laut yang berbentuk bulat cekung seperti mangkok yang terjadi karena ingresi. Contohnya lubuk laut sulu dan lubuk laut sulawesi.

5. Ambang Laut


Apa pengertian dari ambang laut? Ambang laut atau drempel adalah bagian dasar laut yang dangkal yang memisahkan dua laut dalam.

Pengertian lainnya, ambang laut adalah relief dasar laut yang berupa bukit dalam laut yang memisahkan dua buah pulau. Contohnya ambang laut sulu dan selat Gilbatar.

6. Landas Benua/ Paparan Benua/ Dangkalan


bentuk muka bumi dasar laut
Landas benua atau continental shelf adalah perluasan perimeter pada masing-masing benua yang terhubung dengan dataran pesisir.

Menurut Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum laut, landas benua diartikan sebagai bentang dasar laut yang berdekatan dengan pesisir milik negara tertentu tempat ia berada.

Landasan benua yang mengelilingi sebuah pulau disebut dengan landas insuler. Kebanyakan landas benua terbentuk pada periode glasial, yang kemudian tenggelam di laut dangkal atau teluk pada periode interglasial.

7. Lereng Benua


Apa pengertian lereng benua? Lereng benua atau continental slope adalah bagian relief dasar laut yang menurun tajam dan curam.

Lereng benua adalah kelanjutan dari landas benua, yang memiliki sudut kemiringan <500 menuju ke dalam laut, dan kedalamannya antara 200-1500 meter. Contohnya Laut Cina Selatan.

8. Pulau karang


Pulau karang adalah pulau yang tersusun dari batu yang kurang baik atau seluruhnya. Munculnya pulau karang, diakibatkan oleh terumbu karang yang telah mati dan kemudian menjadi bertumpuk-tumpuk.

9. Laut Dangkal


Apakah yang dimaksud dengan laut dangkal? Laut dangkal atau laut transgressi adalah wilayah laut yang kedalamannya antara 0-200 meter. Contohnya Selat Karimata.

10. Laut Dalam


Laut dalam atau laut ingressi adalah wilayah laut dengan kedalaman >200 meter. Contohnya Laut Sulawesi.

11. Submarine Canyon


Submarine Canyon
Ngarai bawah laut atau submarine canyon adalah bekas daratan yang berupa sungai dan lembah yang tenggelam karena dampak dari kenaikan air laut. Umumnya, ngarai bawah laut berada pada 2000 meter di bawah permukaan air laut.

12. Igir


Pegunungan tengah samudra atau igir bentuknya hampir mirip ambang laut, namun memiliki ciri khusus yaitu dapat mengeluarkan magma sehingga membentuk deretan gunung api bawah laut.

Pegunungan tengah samudra yang terkenal adalah Cincin Api Pasifik.

Baca juga: 11 Macam-Macam Bentuk Permukaan Bumi Daratan beserta Gambarnya


Demikianlah artikel hari ini tentang 12 Macam Bentuk Muka Bumi Dasar Lautan beserta Gambarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.  

Referensi: ilmugeografi.com/ilmu-bumi/laut/bentuk-muka-bumi-lautan
www.yuksinau.id/bentuk-muka-bumi/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR