Type something and hit enter

Posted by On
Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli - Secara umum, ekonomi adalah sebuah pusat penelitian mengenai sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Pengertian ilmu ekonomi secara etimologis, berasal dari bahasa Yunani yakni oikos yang berarti aturan dan nomos berarti rumah tangga. Jadi, secara etimologi ekonomi merupakan aturan-aturan rumah tangga.

Dalam artikel ini Coretan Pemuda akan membahas definisi ilmu ekonomi menurut para ahli ekonomi beserta penjelasan secara lengkap.

Ilmu ekonomi itu sangat berperan penting dalam masyarakat dan memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat. Oleh karenanya, terdapat pembagian ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague yang membagi ilmu ekonomi menjadi tiga kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori, dan terapan.

Berikut ini pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli di Indonesia, dunia dan Islam lengkap beserta definisi ilmu ekonomi secara umum/luas.

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum/Luas

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum/Luas

Secara umum, bisa dikatakan bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkaan kesejahteraan hidup manusia.

Karena ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi.

Menurut Bahasa/Etimologi dan Istilah


Ekonomi atau economic dalam banyak literatur istilah "ekonomi" disebutkan berasal dari bahasa Yunani yaitu kata oikos atau oiku dan nomos yang berarti peraturan rumah tangga.

Dengan kata lain pengertian ekonomi adalah semua yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan perikehidupan dalam rumah tangga tentu saja yang dimaksud dan perkembangannya kata rumah tangga bukan hanya sekedar merujuk pada satu keluarga, melainkan juga rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga bangsa, negara, dan dunia.

Menurut Ensiklopedia Indonesia 


Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia guna mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia


Ilmu ekonomi adalah ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang kekayaan seperti keuangan, perindustrian, dan perdagangan.

Menurut Wikipedia


Ilmu ekonomi adalah studi atau ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli


Banyak ahli yang berpendapat tentang definisi ilmu ekonomi, baik pakar ekonomi dari Indonesia hingga dunia. Berikut pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli ekonomi: 

Albert L. Meyers


Pengertian ilmu ekonomi menurut Albert L Meyers adalah ilmu yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan manusia.

J.L. Meij


Pengertian ilmu ekonomi menurut J.L Meij adalah ilmu tentang usaha manusia ke arah kemakmuran.

Samuelson dan Nordhaus


Ilmu ekonomi merupakan studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudian menyalurkan --- baik saat ini maupun di masa depan --- kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.

Adam Smith


Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah ilmu ekonomi secara sistematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.

Alfred Marshall


Pengertian ilmu ekonomi Alfred Marshall adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari.

Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hagues


Ilmu ekonomi terbagi menjadi tiga bagian yaitu ilmu ekonomi desktriptif, teori dan terapan.

Ruenez


Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya dengan sarana-sarana yang terbatas yang mempunyai berbagai macam fungsi.

Mill J S


Pengertian ilmu ekonomi menurut John Stuart Mill ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

Abraham Maslow


Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Hermawan Kartajaya


Ilmu ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya.

Paul. A. Samuelson


Pengertian ilmu ekonomi menurut Paul A. Samuelson merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Von Neumann dan Morgenstern


Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali jika tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu.

M. Manulang


Definisi pengertian ilmu ekonomi menurut M. Manulang adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik berupa barang-barang maupun jasa).

G. Lipsey


Pengertian ilmu ekonomi menurut G Lipsey adalah suatu studi atau ilmu tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Samuekon


Ilmu ekonomi adalah sebuah studi atau ilmu yang menganalisis kerugian serta keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

Jean-Baptiste Say


Pengertian ilmu ekonomi menurut JB Say adalah suatu kajian tentang peraturan yang menentukan kekayaan.

David Ricardo


Definisi ilmu ekonomi menurut David Ricardo adalah suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat.

Dominick Salvatore dan Eugene A Diulio


Pengertian ilmu ekonomi menurut Dominick Salvatore dan Eugene A Diulio adalah ilmu sosial yang mempelajari individu-individu dan organisasi yang terlibat dalam produksi konsumsi dan distribusi barang dan jasa.

DR. Soelistijo, MBA


Pengertian ilmu ekonomi menurut DR. Soelistijo, MBA adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang dan masyarakat menentukan pilihan mengenai penggunaan sumber daya yang langka dan mempunyai kemungkinan penggunaan alternatif untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk konsumsi berbagai orang dan kelompok orang yang terdapat dalam masyarakat, baik kini maupun di masa datang dan dengan menggunakan uang ataupun tidak.

J.R. Hicks


Pengertian ilmu ekonomi menurut Hicks adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam dunia perdagangan.

Mankiw


Pengertian ilmu ekonomi menurut Nicholas Gregory Mankiw adalah suatu studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya-sumber daya yang selalu terbatas dan langka.

Mohammad Hatta


Pengertian ilmu ekonomi menurut Mohammad Hatta adalah ilmu yang mempelajari proses-proses tercapainya kesejahteraan dan keadilan sosial dalam suatu masyarakat.

Ibnu Khaldun


Ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang positif maupun normatif. Maksudnya mempelajari ekonomi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan bukan kesejahteraan individu.

Gunnar Myrdal


Ilmu ekonomi adalah cabang ilmu dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak terlepas kaitannya dengan ilmu sosial lainnya, seperti ilmu politik, geografi, psikologi, antropologi dan lain sebagainya.

J. Van Zwijnregt


Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu atau studi pengetahuan yang mempelajari setiap usaha manusia untuk tercapainya kemakmuran.

Hennipman


Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu atau studi yang bertugas menganalisis manusia dan reaksi yang diberikannya dalam kehidupan ekonomi.

Mel Vilye J Ulmer


Pengertian ilmu ekonomi menurut Mel Vilye J Ulmer adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kegiatan pokok perekonomian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Frank Knight


Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu atau studi yang mempelajari cara bertindak lanjut hubungan yang terkait dengan segala hal yang bersifat ekonomis.

Edwin Cannan


Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu atau studi yang bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kebijakan material.

A.C. Pigou


Ilmu ekonomi adalah suatu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran guna meningkatkan taraf hidup.

Louis Cantori


Ilmu ekonomi adalah masalah yang menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia mampu memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akhirat.

Lionel Robbins


Pengertian ilmu ekonomi menurut Lionel Robin adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan dan sarana yang langka yang mempunyai banyak alternatif kegunaan.

Jacob Louis Mey Jr


Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang segala usaha manusia untuk mencapai tujuan ke arah yang disebut kemakmuran di dalam kehidupannya.

John Maynard Keynes


Pengertian ilmu ekonomi menurut J.M Keynes adalah ilmu yang mempelajari tingkat kemakmuran suatu negara yang membutuhkan intervensi pemerintah sehingga mencapai suatu kondisi perekonomian tertentu.

Jack Hirshleifer


Ilmu ekonomi merupakan suatu studi mengenai keputusan dalam memilih diantara berbagai tindakan yang mungkin diambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling memengaruhi satu dengan yang lainnya.

Max Webber


Definisi ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pembentukan pola-pola tindakan sosial dan tindakan ekonomi individu berdasarkan nilai-nilai yang diyakininya.

Karl Marx


Menurut Karl Marx, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tata cara manusia untuk bertahan hidup dalam sebuah struktur kelas sosial yang hubungannya ditentukan dalam pemanfaatan sarana produksi.

Amwal


Pengertian ilmu ekonomi menurut Amwal merupakan suatu ilmu atau studi yang menjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat/individu.

Robert B. Ekulend Jr dan Robert D. Tollison


Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat memiliki keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

M. Akram Khan


Ilmu ekonomi merupakan studi yang bertujuan untuk mempelajari kesejahteraan manusia yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.

Willian Beveridge


Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material.

Khursid Ahmad


Ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.

Van Der Valk


Ilmu ekonomi adalah studi pengetahuan yang mempelajari setiap tindakan ekonomis yang dilakukan oleh setiap manusia yang disertakan juga dengan akibat yang ditimbulkannya karena setiap tindakan ekonomis itu.

Oscar Langen


Pengertian ilmu ekonomi menurut Oscar Langen adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber baik kecil maupun besar dan analisa sedemikian rupa hingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya.

Penson


Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang selalu mendalami tentang kesejahteraan material pada setiap diri manusia.

Case and Fair


Pengertian ilmu ekonomi menurut Case and Fair adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

Suherman Rosydi


Ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

Aristoteles


Ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

Sadono Sukirno


Pengertian ilmu ekonomi menurut Sadono Sukirno adalah ilmu yang menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya (SDA dan SDM).

Demikianlah penjelasan tentang definisi ilmu ekonomi menurut para ahli dan secara umum/luas lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar