Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Tujuan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi - Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah ilmu ekonomi secara sistematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.

Salah satu tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengenal kebutuhan hidup manusia. Kita jadi tahu bagaimana menggunakan pendapatan seminimalisisr mungkin untuk konsumsi sendiri.

Sedangkan, salah satu manfaat mempelajari ilmu ekonomi adalah dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti.

Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Tujuan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari


Jelaskan tujuan mempelajari ilmu ekonomi? Berikut ini 10 (sepuluh) tujuan mempelajari ilmu ekonomi secara lengkap dan singkat adalah sebagai berikut.

1. Mengenal kebutuhan hidup manusia


Mengenal kebutuhan hidup manusia itu seperti apa sih? Jadi sebenarnya kita sendiri tahu kebutuhan yang diperlukan diri sendiri seperti harus bisa memilah-milah, harus tahu bagaimana menggunakan pendapatan seminimalisir mungkin untuk konsumsi diri sendiri.

Ekonomi merupakan ilmu yang penting karena erat kaitannya dengan kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Salah satu tujuan ilmu ekonomi adalah untuk mempelajari berbagai alat, sarana dan prasarana yang dapat dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.

2. Mempelajari cara pemenuhan kebutuhan


Gimana sih caranya untuk mempelajari cara pemenuhan kebutuhan? Ilmu ekonomi juga berguna untuk mengetahui cara pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Ekonomi berfungsi untuk mempelajari berbagai cara memenuhi kebutuhan manusia yang beranekaragam, baik untuk sekarang maupun untuk masa yang akan datang dalam segala kondisi.

3. Memahami hubungan peristiwa perekonomian


Kita bisa tahu kondisi ekonomi di daerah-daerah dan negara, yang tentunya beragam dan bervariasi.

Ilmu ekonomi dipelajari untuk mencari tahu pengertian mengenai hubungan yang terjadi di antara satu peristiwa dengan peristiwa lain tentang kondisi perekonomian yang ada mulai dari daerah dan negara.

4. Membantu pengambilan keputusan


Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yang keempat adalah untuk membantu pengambilan keputusan secara bijak. Caranya dengan memanfaatkan segala data-data dan peristiwa-peristiwa ekonomi untuk dijadikan sebuah landasan dalam mengambil sebuah keputusan atau kebijakan dalam menghadapi segala permasalahan yang ada.

5. Meningkatkan kemajuan ekonomi


Khususnya dalam dalam lingkup pemerintahan, ilmu ekonomi itu sangat penting karena berkorelasi dengan kemajuan suatu negara.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi ini, kita dapat menciptakan suatu kondisi yang aman dan kondusif, tentunya bisa membuat negara kita semakin maju perekonomiannya.

6. Melatih pengembangan kreatifitas


Selanjutnya lebih kepada kreatifitas kita untuk mendapatkan uang dengan bekerja. Untuk bekerja tentunya dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk membuka usaha dan menjadikan bisnis kita sukses.

Ilmu ekonomi juga mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan kreatifitas agar usaha yang telah kita buka menjadi lebih menjanjikan untuk sukses.

7. Mempelajari kebijakan ekonomi


Kebijakan ekonomi sebenarnya dibuat berdasarkan faktor-faktor yang bervariasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan perekonomian.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan ilmu ekonomi yaitu untuk memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.

8. Memahami dasar perilaku ekonomi


Selanjutnya kita jadi tahu dasar perilaku ekonomi itu gimana sih? Kegiatan perekonomian dapat kita ketahui di sekitar kita, mulai dari kegiatan yang terjadi di pasar yaitu jual-beli atau pun aktivitas di bank.

Hal ini dapat dipelajari di ilmu ekonomi dimana kita bisa membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia yang nyata.

9. Melatih manajemen waktu dan keuangan


Saat kita ingin berwirausaha dan berbisnis, kita harus melatih manajemen waktu dan keuangan karena nantinya sangat dibutuhkan.

Hal ini sesuai dengan tujuan mempelajari ilmu ekonomi, yaitu melatih dan mengembangkan manajemen bisnis, mulai dari uang, waktu dan lainnya agar bisa lebih efesien dalam bekerja.

10. Mengetahui isu-isu internasional


Kita juga jadi tahu isu-isu internasional itu seperti apa saja sih? Ilmu ekonomi sangat berperan penting untuk mengetahui hal-hal yang telah terjadi dalam lingkup internasional.

Mempelajari ilmu ekonomi dapat membantu kita agar lebih memahami masalah-masalah internasional dan isu-isu global yang terjadi di seluruh dunia.

Ilmu ekonomi tidak bisa dipungkiri memang sangat penting dan krusial dalam kegiatan manusia sehari-hari.

Salah satu tujuan mempelajari ilmu ekonomi secara umum adalah untuk dapat mengetahui tentang bagaimana cara kerja masyarakat maupun dunia. Ilmu ekonomi berada pada jantung dari semua pengambilan keputusan sehingga perannya penting bagi individu dan juga bagi pemerintahan.

Adapun tujuan mempelajari ilmu ekonomi menurut beberapa ahli, yakni menurut Mas'ud Effendi dan Wonnacott.

Menurut Mas'ud Effendi


Tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah sebagai berikut:
  1. Untuk membantu dalam memahami wujud suatu perilaku ekonomi di dunia nyata secara lebih baik.
  2. Memberikan pemahaman tentang kebaikan dan keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi yang ada.
  3. Menjadikan para insan yang mempelajarinya agar lebih faham dan ahli dalam bidang ekonomi.

Menurut Wonnacott


Sedangkan, menurut Wonnacot tujuan ilmu ekonomi adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengatasi permasalahan ekonomi berupa pengangguran, gaji atau upah, ketenagakerjaan, hubungan dan kesempatan kerja.
  2. Menjadikan pemerintah dan masyarakat mampu dan faham dalam mengatasi permasalahan tingkat harga dan inflasi agar tidak sampai merugikan berbagai pihak dengan stabilitas harga pasar.
  3. Mengukur tingkat efisiensi pelaku ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi yang berada di sekitarnya.
  4. Untuk mencapai kesejahteraan hidup dengan pemerataan pendapatan.
  5. Pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pembangunan yang adil dan merata bagi masyarakat.

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi


Selain tujuan ilmu ekonomi yang telah disebutkan di atas, ilmu ekonomi juga memiliki manfaat bagi individu perusahaan dan pemerintah dalam menjalankan kegiatan usahanya yaitu:
  1. Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial/masyarakat.
  2. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti (cermat) serta ekonomis.
  3. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.
  4. Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting, dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/mendesak terlebih dahulu.
  5. Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhannya.

Sedangkan menurut Mankiw, manfaat mempelajari ilmu ekonomi yaitu:
  1. Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik.
  2. Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan membuat seseorang lebih mahir dalam perekonomian.
  3. Dengan menguasai ilmu ekonomi maka akan memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.

Baca juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum/Luas

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan dan manfaat mempelajari ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi: slideplayer.info/slide/2756182/
unacademy.com/lesson/tujuan-mempelajari-ilmu-ekonomi/AVOQW8WM
dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/tujuan-mempelajari-ilmu-ekonomi

KLIK UNTUK BERKOMENTAR