Type something and hit enter

Diposting oleh On
Manfaat bawang goreng untuk kesehatan tubuh - Bawang goreng terdiri atas dua macam yakni bawang merah digoreng dan bawang putih digoreng.

Pada artikel ini, kita hanya membahas manfaat bawang merah goreng. Bawang goreng adalah sajian bawang merah/bawang putih serta campuran garam ditambah berbagai rempah diiris hingga halus kemudian digoreng dengan minyak panas sampai berawarna kecoklatan dan harum lalu di angkat dan siap disantap.

10 Manfaat Bawang Merah Goreng Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang goreng umumnya disajikan dengan masakan Indonesia seperti bakso, sate padang, dan lain-lain sebagai penyedap dan penambah citra rasa.

Bawang goreng, baik bawang merah ataupun bawang putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia.

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaatnya, sebaiknya kita harus tahu dulu zat gizi yang terkandung dalam bawang merah.

Apa saja zat gizi yang terkandung dalam bawang merah? Berikut kandungan zat gizinya:

  • Kalori: bawang merah memiliki kalori yang rendah, 28 gram bawang hanya mengandung 11 kalori saja
  • Zat gizi makro: sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat, serta tidak mengandung lemak sama sekali
  • Vitamin dan mineral: kandungan vitaminnya tinggi yaitu vitamin C dan vitamin B6, sementara itu jenis mineral yang paling banyak terkandung dalam bawang merah adalah kromium.
  • Indeks glikemik: bawang merah juga termasuk makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemiks yang rendah yaitu hanya mencapai 10.

Manfaat Bawang Merah yang Digoreng

Bawang Goreng Mbak Ella



Nah, setelah kita mengetahui kandungan zat gizinya. Kita masuk ke pembahasan utama, yaitu manfaat bawang merah goreng untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasan manfaat bawang goreng bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Sebagai Penyedap Alami


Manfaat bawang merah yang digoreng bisa dijadikan penyedap alami untuk berbagai jenis makanan.
Contohnya makanan khas Padang, yakni Sate Padang.

Bawang goreng sangat cocok ditambahkan pada makanan ini (Sate Padang), setelah ditambahkan maka rasanya akan jauh lebih nikmat dan tetap aman untuk dikonsumsi karena bawang merah goreng ini adalah penyedap rasa alami.

Bahkan, memakan bawang goreng saja tanpa di campur apapun sangat nikmat sebagai cemilan di rumah.

2. Mengatasi Sakit Saat Buang Air Kecil


Ternyata, mengkonsumsi bawang merah goreng secara langsung ataupun dicampur dengan masakan lain bermanfaat mengtasi sakit ketika hendak buang air kecil.

Kenapa bisa begitu? Karena sifat bawang merah yang menjadi detoksifikasi alami tubuh dalam mengeluarkan berbagai racun dan juga sebagai antibiotik alami untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan saat buang air kecil.

3. Mengontrol Diabetes


Mengkonsumsi bawang merah, baik digoreng maupun yang mentah juga baik untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang diperlukan bagi penderita diabetes.

Insulin sendiri merupakan hormon alami yang diproduksi pankreas. Saat kita mengkonsumsi bawang merah goreng yan juga mengandung insulin, maka akan mengubah glukosa menjadi energi yang nantinya akan dialirkan ke seluruh tubuh sekaligus membantu tubuh untuk menyimpan energi.

4. Mencegah Kanker


Selain bawang putih yang sangat baik dikonsumsi sebagai solusi kanker, bawang merah juga sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan tersebut, baik yang telah menjadi bawang goreng ataupun dalam keadaan masih mentah.

Beberapa jenis kanker berikut dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang merah diantaranya adalah kanker paru-paru, usus, lambung, kanker payudara, dan prostat.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol


Dengan kita mengkonsumsi bawang merah goreng dengan teratur ternyata juga bisa mengatasi kadar kolesterol tinggi karena mengandung sulfida methylallyl dan asam amino sulfur.

Kedua kandungan dalam bawang merah tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

6. Melindungi Organ Jantung


Manfaat mengkonsumsi bawang merah goreng maupun mentah secara teratus sangat baik melindungi organ jantung dari berbagai penyakit berbahaya.

Bawang merah sangat baik mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat menuju atau dari jantung ke seluruh tubuh.

7. Mengatasi Masalah Pendarahan


Bawang merah juga bagus untuk dijadikan obat alami menyembuhkan hemoroid atau lebih dikenal wasir. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah goreng secara teratur dan juga menghirup aroma dari irisan bawang merah mentah secara perlahan agar khasiatnya lebih terasa.

8. Mengatasi Sembelit


Bawang merah juga sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit, karena serat yang terkandng didalamnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pembuangan racun serta partikel makanan yang bertekstur keras dan menumpuk dalam usus. Hal ini tentunya dapat membantu apabila Anda memiliki masah sembelit.

9. Mengandung Protein


Bawang merah juga mengandung protein yang dapat membantu kesehatan tubuh Anda. Dalam jumlah 148 gram bawang, hanya ada 1 gram protein saja. Walaupun begitu, bawang merah goreng juga dapat dijadikan pelengkap makanan lain.

10. Mengandung Vitamin C


Dalam bawang merah juga terdapat sumber vitamin C yang baik. Dalam kisaran 100 gram bawang, mengandung 10 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Itulah tadi beberapa manfaat bawang merah yang digoreng.

Bagi kalian yang ingin memesan/membeli bawang goreng berkualitas dengan harga terjangkau silahkan hubungi bawang goreng Mbak Ella - Khusus bawang goreng di Pekanbaru.

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: Wikipedia
https://manfaat.co.id/manfaat-bawang-merah-goreng
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-bawang-merah-bagi-kesehatan/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR