Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Pemerintah akan segera membuka seleksi atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2021) ditetapkan sebanyak 1,3 juta formasi. Formasi CPNS akan disebar sesuai dengan kebutuhan instansi terkait. Simak jadwalnya!


Plt Deputi bidang SDM Aparatur KemenPANRB Teguh Widjinarko menuturkan sebanyak 1 juta formasi di antaranya ditujukan pada guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang menjadi program Kemendikbud untuk pemda.


Pemerintah Buka 1,3 Juta Lowongan CPNS 2021, Simak Jadwalnya!


Kemudian untuk pemda di luar formasi guru PPPK akan ditentukan sebanyak 189 ribu kursi CPNS 2021. Jumlah itu terdiri dari 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat dibutuhkan, termasuk juga tenaga kesehatan.


"Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebanyak 83 ribu dengan presentase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS," jelas Teguh.


Dia mengatakan jumlah formasi CPNS 2021 yang dibuka sebanyak 1,3 juta sudah pasti, jika tidak ada kebijakan lain yang sifatnya darurat.


Saat ini, KemenPANRB sudah memperoleh pertimbangan teknis dari Menteri Keungan Sri Mulyani.


"Pada intinya Menteri Keungan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. KemenPANRB sampai saat ini masih menunggu pertimbangan teknis selanjutnya, yaitu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)," ujar Teguh


Baca juga: Banyak Kementerian Tak Rekrut CPNS di 2021


Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka?


Teguh menyampaikan prekrutan CPNS 2021 akan dimulai dengan penetapan formasi pada maret nanti.


Menurutnya, waktu tersebut merupakan jadwal sebenarnya tercantum dalam PP terkait dengan pengadaan ASN atau PNS.


Pasca penetapan formasi, jadwal CPNS 2021 akan dilanjutkan pada proses pendaftaran yang akan dibuka pada April-Mei 2021. Setelah dilakukan pendaftaran, tahap seleksi akan dimulai pada Juni 2021.


Liputan6.com

1 komentar: