Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 kembali dibuka bagi yang memenuhi syarat dan ingin menjadi abdi negara. Setelah pengumuman formasi, proses selanjutnya yaitu pendaftaran yang akan dibuka pada April-Mei 2021 dan kemudian dilanjutkan seleksi pada Juni 2021.


Syarat pendaftaran lowongan CPNS 2021 sebenarnya belum dijelaskan oleh pemerintah. Namun, tidak salah jika kita mempersiapkan, terutama untuk CPNS 2021 lulusan SMA/SMK.

syarat pendaftaran cpns 2021 lulusan sma/smk


Syarat pendaftaran CPNS 2021 untuk lulusan SMA/SMK bisa dilihat pada tahun anggaran 2019.


Penerimaan CPNS 2019 untuk SMA/SMK tersedia di enam kementerian dan lembaga pemerintah. Lembaga-lembaga tersebut adalah Kemenkumham, Kejaksaan Agung RI, KemenLHK, Kementan, Kemendikbud, dan BIN dengan jumlah formasi sesuai kebutuhan masing-masing.


Baca juga: CPNS 2021: Formasi Dibuka Maret, Pendaftaran Dibuka April, Simak Selengkapnya


Beriktu syarat-syarat pendaftaran CPNS 2021 lulusan SMA/SMK di berbagia kementerian.


A. Syarat CPNS Lulusan SMA/SMK Kemenkumham


Kemenkumham menetapkan syarat CPNS lulusan SMA untuk penjaga tahanan dan pemeriksa keimgrasian pelaksana/pemula. Penjaga tahanan diperlukan 2.875 formasi sedangkan pemeriksa keimigrasian diperlukan sebanyak 657 orang di 33 kantor wilayah.


Berikut syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemenkumham:


1. Untuk formasi umum serta putra/putri Papua dan Papua Barat.

  • Bagi pendaftar dengan sekolah dari luar negeri, telah memiliki ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan kemendikbud
  • Bagi pendaftar dengan sekolah dari dalam negeri, sekolah telah terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag.


2. Pendaftar formas penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian harus sesuai dengna domisili yang tercantum dalam e-KTP.


3. Apabila pelamar ingin mendaftar id provinsi lain yang tidak sesuai domisili e-KTP, maka wajib membuat surat keterangan telah tinggal di wilayah tersebut.


B. Syarat CPNS Lulusan SMA/SMK Kejaksaan Agung RI


Kejaksaan Agung RI membutuhkan CPNS lulusan SMA untuk formasi pengawal dan pengemudi tahanan. Masing-masing diperlukan seribu orang yang ditempatkan sesuai kebutuhan unit kerja Kejaksaan Agung RI.


Berikut ini syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kejaksaan Agung RI:

  1. Memiliki nilai ijazah rata-rata 7,00
  2. Apabila pendaftar memiliki nilai yang tidak terdapat dalam ijazah maka diambil nilai lain yang setara dengan ijazah.
  3. Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna biru.


C. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK KemenLHK


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyediakan 80 formasi untuk lulusan SMK pada CPNS 2019. Formasi yang diperlukan untuk mengisi jabatan polisi kehutanan. Syarat untuk mengisi lowongan tersebut adalah nilai rata-rata dalam trasnkrip minimal tujuh.


D. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kementerian Pertanian


CPNS lulusan SMK Kementerian Pertanian diperlukan untuk formasi berikut:

  • SMK bidang peternakan: pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner.
  • SMK bidang pertanian: pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme penganggu tumbuhan, pemelihara kebun.


Berikut ini syarat-syaratnya:

  1. Sekolah harus terdaftar di Kemendikbud
  2. Nilai rata-rata ijazah/ujian sekolah 7,00
  3. Surat penyetaraan ijazah dan transkrip nilai dari Kemendikbud untuk lulusan sekolah luar negeri


E. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud


Kemendikbud membutuhkan untuk mengisi formasi teknisi laboratorium serta pemetaan dan penggambaran. Teknisi laboratorium dibutuhkan sebanyak satu orang sedangkan teknisi pemetaan dan penggambaran diperlukan enam orang.


Syarat-syaratnya yaitu:

  1. Berasal dari SMK Teknik Kimia untuk pendaftar teknisi laboratorium dan SMK Teknologi dan Rekayasa untuk formasi teknisi pemetaan dan penggambaran.
  2. SMA/SMK/SLTA sederajat terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag.
  3. Bagi pendaftar dari sekolah luar negeri mendapat penyetaraan ijazah SMA/SMK/SLTA sederajat dari Kemendikbud.
  4. Nilai pada Surat Tanda Tamat Belajar rata-rata 7,00.


F. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK BIN


Bada Intelijen Negara (BIN) membutuhkan 200 formasi untuk lulusan SMA. Formasi ini untuk mengisi jabatan pranata komputer pelaksana pemula dalam formasi khusus tenaga pengamanan siber.


Peussu untuk CPNS lulusan SMA/SMK BIN adalah berpengalaman minimal dua tahun di bidang keamanan siber. Pengalaman dibuktikan dengan Surat Perjanjian Kontrak Kerja.


Sumber: Detik.com


0 komentar