Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Informasi terbaru tentang pendaftaran CPNS 2023 yang sudah ditunggu-tunggu oleh calon peserta seleksi Pegawai Negeri Sipil tahun 2023.


Pemerintah saat ini masih membuat rencana pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Kabarnya rekrutmen kali ini melingkupi seleksi CPNS dan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Hingga kini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) masih melakukan validasi terkait jumlah dan jenis jabatan yang diajukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

CPNS PPPK 2023


"Usulan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan aparatur sipil negara (ASN) tahun 2023 telah diajukan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah melalui aplikasi e-Formasi. Saat ini masih dalam tahapan proses validasi usulan kebutuhan dari Kementerian/Lembaga/Pemda," kata Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPANRB Mohammad Averrouce.


Baca juga: PDF Surat Edaran CPNS 2023 dan Formasinya


Selanjutnya, ia memastikan bahwa proses validasi tersebut akan selesai bulan ini (Mei 2023). Hal ini dlakukan agar penetapan formasi yang dibutuhkan bisa segera selesai yang tentunya bisa mempercepat pengumuman pendaftaran rekrutmen CASN.


"Kami memaksimalkan validasinya di bulan Mei ini," ujarnya.


Terkait dengan kualifikasi yang ditubuhkan, Averrouce menambahkan hal itu tergantung dari kebutuhan masing-masing jabatan.


Oleh karena itu, ia belum bisa merinci kualifikasi yang dibutuhkan karena belum ada penetapan kebutuhan jabatan.


"Mesti cek dulu karena kan kualifikasi ditentukan oleh per jenjang jabatan. Biasanya kalau jabatan fungsional sih S1, misalnya analisis kebijakan, pranata humas, itu sarjana sih," paparnya.


Averrouce mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan informasi terkait pendaftaran CASN. 


Ia menghimbau untuk selalu memantau kanal komunikasi resmi milik pemerintah.


"Masyarakat diimbau untuk selalu memantau situs maupun media sosial milik instansi pemerintah. Kami sampaikan masyarat untuk selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi terkait kemudahan kelulusan menjadi ASN, baik itu PNS maupun PPPK," ungkapnya.


"Seluruh informasi terkait pengadaan ASN akan dimuat di website, media sosial, dan kanal komunikasi resmi milik KemenPANRB, BKN dan K/L/D," pungkasnya.


Sebelumnya Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengatakan, seleksi akan dibuka untuk PPPK dan CPNS pada Juni 2023.


"Iya (Juni 2023)," kata Alex.


Alex Denni juga menyampaikan, untuk seleksi kali ini pihaknya akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Setelah ini barulah berlanjut ke tenaga digital selaras dengan tengah didorongnya transformasi digital.


"Kita prinsipnya memenuhi kebutuhaan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas." kata Alex.


Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS 2023. Dirinya mengungkapkan beberapa formasi lowongan CPNS 2023 yang akan dibuka nanti.


"Calon PNS tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, agen, dan tenaga teknis tertentu lainnya," kata Anas.


Anas menerangkan lowongan CPNS kali ini akan dibuka seiring dengan indikator jumlah PNS yang akan pensiun. 


Sementara itu pemerintah juga harus memenuhi SDM untuk mendukung program strategis nasional dengan mempertimbangkan letak geografis dan kemampuan anggaran.


"Selain itu disiapkan atau dikaji terkait pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat serta DOB Papua," katanya.


Baca juga: Contoh Soal CPNS 2023 dan Kunci Jawabannya


Demikianlah kami paparkan informasi terbaru terkait penerimaan CPNS 2023 yang akan dibuka bulan Juni nanti. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Sumber: Detikcom / Almadinah Putri Brilian.

0 komentar