Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu menjadi momen yang dinantikan oleh banyak orang. 


Salah satu faktor kunci untuk berhasil diterima dalam seleksi CPNS 2023 adalah memilih jurusan yang memiliki peluang tinggi.


Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa jadwal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN 2023) akan kembali dibuka mulai 17 September 2023.


Baca juga: Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2023 dan CPPPK


Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), seleksi CPNS 2023 menerima 572.496 formasi dengan rincian 543.593 calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 28.903 untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).


Berikut daftar beberapa jurusan yang berpeluang tinggi diterima dalam CPNS 2023 dan PPPK dan penjelasan mengapa jurusan-jurusan ini memiliki daya tarik yang kuat.


Jurusan apa saja yang berpeluang besar ntuk lolos seleksi CPNS 2023 dan PPPK? Berikut ulasannya.


Daftar Jurusan Berpeluang Besar Diterima CPNS CPPPK 2023

daftar jurusan berpeluang tinggi diterima cpns 2023

1. Teknologi Informasi


Seperti diketahui perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat pemerintah Indonesia mencari talenta-talenta pada dunia digital.


Pemerintah Indonesia memang sedang fokus pada dunia digital, inilah alasan mengapa lulusan dari jurusan-jurusan yang berkaitan dengan teknologi dan digital akan banyak dibutuhkan.


Jurusan Teknologi Informasi kemungkinan besar akan menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak formasi pada seleksi CPNS 2023 mendatang.


2. Pendidikan


Jurusan yang satu ini tidak diragukan lagi, setiap penerimaan CPNS dibuka menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya.


Dan tentu saja lulusan dari jurusan pendidikan, memiliki peluang tinggi untuk lolos CPNS dan CPPPK 2023.


Terlebih tahun ini akan menjadi momen di mana akan dilakukan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS part time melalui seleksi.


3. Desain Komunikasi Visual (DKV)


Dalam era informasi seperti sekarang, digitalisasi tidak hanya berkaitan dengan pemrograman, tetapi juga dengan branding dan marketing.


Seorang lulusan dari jurusan DKV atau graphic design akan sangat dibutuhkan pemerintah dan instansi publik untuk membuat kontek menarik, edukatif yang akan disebarkan di laman media sosial dan website.


4. Kesehatan


Profesi di bidang kesehatan menjadi salah satu yang paling dicari dalam penerimaan CPNS. Dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan medis di Indonesia, tenaga medis seperit dokter, perawat, dan apoteker sangat dieprlukan.


Pemerintah selalu berupaya meningkatkan layanan kesehatan, dan menjadi kan jurusan ini prioritas berpeluang besar diterima di CASN 2023.


Tidak hanya di ranah kementerian kesehatan, akan tetapi juga biasanya di pemerintah daerah juga banyak formasi untuk jurusan ini.


5. Ilmu Politik dan Pemerintahan


Jurusan ini menjadi salah satu yang diprediksi akan banyak formasi pada seleksi CPNS CPPPK 2023. Formasi untuk jurusan ini biasanya ada di Mahkamah Agung, BPPU, hingga BAPPEDA.


6. Matematika dan Statistika


Lulusan dari jurusan Matematika dan Statistika termasuk dalam talenta digital yang banyak ditubuhkan pemerintah maupun swasta yang sedang melakukan digitalisasi.


Lulusan dari jurusan ini bisa menjadi data analyst, di mana tugasnya untuk mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data.


7. Bahasa Inggris


Apabila Anda telah menyelesaikan kuliah di jurusan Bahasa Inggris, selamat! Jurusan ini salah satu jurusan yang berpeluang tinggi menjadi PNS.


Mengingat banyak peluang untuk mendaftar di bagian Kementeiran Luar Negeri dan Kejaksaan Agung RI.


8. Ilmu Komputer


Sama seperti Teknologi Informasi, ilmu komputer juga akan banyak dibutuhkan pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 mendatang.


Diperkirakan bahwa pemerintah akan bermanuver data ke bagian teknologi.


9. Teknik Industri


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan banyak membutuhkan lulusan dari Teknik Industri dan teknik lainnya yang berhubungan dengan pembangunan.


Oleh karena itu, para lulusan jurusan Teknik bersiap-siap untuk ikut dalam pendaftaran CPNS dan PPPK tahun ini.


10. Ekonomi 


Ekonomi menjadi salah satu jurusan yang pasti dibutuhkan di semua lembaga pemerintahan baik itu di Kementerian maupun Lembaga Daerah.


Pasalnya, terdapat dana yang harus dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya sehingga diperlukan lulusan jurusan ekonomi yang benar-benar memahami hal ini.


11. Hukum


Jurusan hukum untuk menjawab kekurangan tenaga jaksa di Kejaksaan Agung RI. Khususnya lulusan S1 Hukum, menjadi salah satu jurusan yang sangat diminati dalam rekrutmen CPNS tahun ini.


Hal ini disebabkan kebutuhan mendesak Kejaksaan Agung RI akan tenaga jaksa yang memadai. Terutama mengingat banyaknya jaksa yang telah mencapai usia pensiun, mengakibatkan kekosongan dalam tenaga kerja di lembaga tersebut.


Oleh karena itu, lulusan jurusan hukum memiliki peluang besar untuk diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kejaksaan.


12. Akuntasi


Jurusan Akuntasi menjadi pilihan yang menjanjikan untuk menjadi PNS tahun ini. Seperti dapat dilihat pada rekrutmen CPNS 2021 lalu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka 47 formasi di bidang akuntasi.


Para lulusan akan ditempatkan di 33 kantor wilayah dengan posisi jabatan yang relevan, seperti Analisis Anggaran.


Dengan pengetahuan dalam bidang akuntasi, lulusan ini aka memiliki peran penting dalam mengelola dan mengawasi pengeluaran negara.


13. Cyber Security


Jurusan Cyber Security menjadi salah satu yang berpeluang tinggi untuk mendapatkan banyak formasi di CPNS 2023.


Semakin seringnya terjadi kejahatan di dunia digital menunjukkan betapa pentingnya perlindungan terhadap data penting suatu lembaga pemerintahan.


14. Manajemen


Jurusan Manajemen menjadi salah satu pilihan favorit dalam rekrutmen CPNS. Tahun ini, diperkirakan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan membutuhkan banyak lulusan dari jurusan Manajemen. 


Mengacu pada rekrutmen CPNS 2021, Kemenkumham menyediakan 33 formasi yang akan ditempatkan di kantor pusat, dengan jabatan yang sebagai Terampil Pranata Keuangan APBN.


15. Kesejahteraan Sosial


Jurusan Kesejahteraan Sosial memiliki eluang menarik dalam rekrutmen CPNS. Kementerian Sosial adalah salah satu lembaga yang membuka peluang bagi lulusan jurusan ini. 


Dan juga banyak lembaga dan badan pemerintah lain, termasuk ANRI, BPN, hingga BPPU, yang memberikan kesempatan bagi lulusan jurusan Kesejahteraan Sosial.


16. Administrasi Publik


Lulusan Administrasi Publik memiliki beragam pilihan posisi menarik dalam rekrutmen CPNS. Mereka dapat mendaftar untuk posisi seperti Analis SDM, Arsiparis, Analis Monitoring Evaluasi dan Pelaporan, Penata Kanselerai, dan lebih banyak lagi. 


Formasi-formasi ini untuk Administrasi Publik juga biasanya terbuka untuk Administrasi Negara.


Baca juga: Cara Daftar CPNS 2023 dan Syaratnya


Demikianlah artikel tentang 16 jurusan yang berpeluang tinggi diterima CPNS 2023 dan PPPK. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Sumber: Liputan6

0 komentar