Type something and hit enter

Posted by On

Coretanpemuda.com - Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 telah resmi dibuka oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak Rabu, 20 September 2023. 


Tahun ini, CASN dibagi menjadi dua kategori, yaitu calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 


Beberapa kementerian, lembaga, atau instansi pemerintah membuka lowongan CPNS atau PPPK untuk lulusan SMA/SMK sederajat. 


Baca juga: Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2023

formasi cpns pppk untuk sma


Berikut ini adalah 10 formasi CPNS dan PPPK 2023 untuk lulusan SMA/SMK sederajat:


1. Formasi CPNS BIN


Badan Intelijen Negara (BIN) membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Seperti dilaporkan oleh Kompas TV pada Jumat, 22 September 2023, BIN tahun ini membuka seleksi CPNS untuk lulusan SMA dengan gaji berkisar antara Rp 2-4,5 juta. 


Berikut adalah rincian formasi CPNS BIN 2023 untuk lulusan SMA/SMK berdasarkan penempatan dan jumlah kebutuhan: 

  • Koordinator Wilayah, Badan Intelijen Negara di Daerah, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri CPNS Umum: 30; 
  • Bagian Operasional, Badan Intelijen Negara di Daerah, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri: 8;
  • Biro Umum, Sekretariat Utama: 6; 
  • Biro Logistik, Sekretariat Utama: 4; 
  • Pusat Psikologi, Sekretariat Utama: 3; 
  • Direktorat Perencanaan Anggaran, Direktorat Perencanaan Pengendalian Kegiatan dan Operasi, Deputi Bidang Komunikasi dan Informasi: 1; 
  • Subdirektorat Perencanaan Anggaran, Direktorat Perencanaan Pengendalian Kegiatan dan Operasi, Deputi Bidang Intelijen Ekonomi: 1; 
  • Direktorat Perencanaan Pengendalian Kegiatan dan Operasi, Deputi Bidang Kontra Intelijen: 1; 
  • Subdirektorat Komunitas Siber, Direktorat Kontra, Deputi Bidang Intelijen Siber: 1; 
  • Subdirektorat Papua Barat, Direktorat Maluku dan Papua, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri: 1; 
  • Pusat Pembinaan Profesi Intelijen, Sekretariat Utama: 1.


2. Formasi CPNS Kemenkumham


Untuk seleksi CPNS 2023, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK sederajat sebagai penjaga tahanan. 


Menurut Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto, yang dikutip dari Kompas.com pada Kamis, 21 September 2023, formasi CPNS Kemenkumham 2023 untuk penjaga tahanan sebanyak 1.000 kuota, termasuk untuk putra Papua dan Papua Barat. “Total 1.000 penjaga tahanan dengan pendidikan minimal SMA sederajat yang akan ditempatkan di 33 kantor wilayah Kemenkumham,” katanya.


3. Formasi CPNS Kejaksaan Agung (Operator-penjaga tahanan)


Kejaksaan Agung (Kejagung) juga menawarkan formasi untuk lulusan SMA sebagai operator-penjaga tahanan pada pendaftaran CPNS 20233. 


Berdasarkan laman SSCASN BKN, formasi yang dibutuhkan untuk posisi ini sebanyak 2.1984. Gaji yang akan diterima oleh operator-penjaga tahanan berkisar antara Rp 5,66-7,06 juta.


4. Formasi CPNS Kejaksaan Agung (Klerek-pengelola penanganan perkara)


Selain operator-penjaga tahanan, Kejagung juga membuka formasi untuk lulusan SMA sebagai klerek-operator penanganan perkara, seperti yang tercantum di SSCASN BKN. 


Posisi ini juga menawarkan gaji sebesar Rp 5,66-7,06 juta dengan jumlah formasi sebanyak 2.027.


Tugas klerek-operator penanganan perkara adalah melakukan kegiatan penyiapan bahan dan pengelolaan administrasi penanganan perkara di bidang pidana, intelijen penyelenggara penegakan hukum, perdata dan Tata usaha negara dan tindak pidana militer.


5. Formasi CPNS Kejaksaan Agung (Operator-penjaga tahanan Papua)


Kejagung juga memberikan kesempatan bagi putra/putri Papua dan Papua Barat untuk menjadi operator-penjaga tahanan dengan formasi sebanyak 60. 


Gaji yang ditawarkan sama dengan operator-penjaga tahanan lainnya, yaitu Rp 5,66-7,06 juta. Pelamar yang ingin mendaftar sebagai operator-penjaga tahanan harus melampirkan scan surat keterangan dari kepala desa atau kepala suku.


6. Formasi CPNS Kejaksaan Agung (Klerek-pengelola penanganan perkara Papua)


Kejaksaan juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA untuk putra atau putri Papua sebagai klerek-pengelola penanganan perkara3. Gaji dan jumlah formasi yang ditawarkan sama dengan klerek-pengelola penanganan perkara lainnya, yaitu Rp 5,66-7,06 juta dan 58 formasi.


7. Formasi PPPK BKKBN


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuka formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2023 untuk berbagai jenjang pendidikan. 


Kepala BKKBN Hasto Wardoyo membenarkan adanya rekrutmen PPPK 2023 tersebut. "Betul, pengumuman rekrutmen PPPK tahun 2023 sudah diumumkan ke publik oleh Biro SDM," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023). 


Pengadaan formasi tahun ini dibuka untuk tiga jabatan dengan kualifikasi pendidikan beragam, termasuk lulusan SMA. Merujuk Pengumuman Nomor 3840/KP.02/B2/2023 tentang Pelaksanaan Seleksi Pengadaan Calon PPPK di Lingkungan BKKBN Formasi Tahun 2023, BKKBN membuka total 2.044 formasi. 


Ribuan formasi tersebut terbagi menjadi tiga jabatan dengan penempatan di kantor regional yang tersebar di 32 provinsi Indonesia. 


Untuk lulusan SMA sendiri, BKKBN membuka formasi untuk Petugas Lapangan Keluarga Berencana Pemula. 


Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di sini


8. Formasi PPPK Kemenkominfo 


Dilansir dari laman resmi BKN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomifo) juga membuka formasi PPPK untuk lulusan SMA dan SMK sederajat. 


Untuk posisi yang dibuka oleh Kemenkomifo sendiri adalah Pemula-Asisten Pranata Siaran dengan penghasilan berkisar Rp 4-4,5 juta. Tahun ini, Kemenkominfo membuka lowongan PPPK 2023 untuk posisi tersebut sebanyak 5 formasi. 


Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.


9. Formasi PPPK Kementan 


Tahun ini, Kementerian Pertanian (Kementan) hanya membuka PPPK yang tertuang dalam Pengumuman Nomor B-2626/Kp.110/A2/09/2023 yang ditandatangani pada 19 September 2023. “Betul (Kementan membuka PPPK 2023),” ucap Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/9/2023). 


Kementan membuka 113 kebutuhan formasi untuk lulusan SMK sampai S2 dengan gaji Rp 2,6 juta-Rp 8 juta per bulan. 


Untuk lulusan SMA/SMK sederajat, Kementan hanya membuka lowongan PPPK kategori umum untuk Paramedik Veteriner dengan gaji antara Rp 2.325.600-Rp 5.825.600. 


Info selengkapnya bisa klik link ini


10. Formasi PPPK Kemenhub 


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga membuka lowongan PPPK 2023 untuk jenjang SMK. 


Hal itu termuat dalam Pengumuman Nomor PG. 32 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional di Lingkungan Kementerian Perhubungan Formasi Tahun Anggaran 2023. 


“Untuk formasi CPNS Kementerian Perhubungan didapatkan dari formasi pola pembibitan atau sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di lingkungan BPSDM untuk tahun 2023 akan diproses CPNS sejumlah 2.087 formasi,” ungkap Adita dilansir dari Kompas.com, Rabu (20/9/2023). 


Kemenhub membuka PPPK 2023 untuk SMK pada jabatan Pengawas Keselamatan Pelayaran di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 


Baca juga: Cara Beli E-Meterai untuk Daftar CPNS 2023


Kemenhub menerima 133 formasi pada lowongan jabatan tersebut sebanyak 133 untuk SMK pelayaran nautika dan SMK pelayaran teknika.


Info selengkapnya silahkan klik link ini.

0 komentar