Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Contoh Teks Anekdot tentang Sekolah - Apa yang dimaksud dengan teks anekdot? Pengertian anekdot adalah cerita humor singkat yang mempunyai tujuan untuk menyindir dan berisikan nasihat.

Fungsi teks anekdot terbagi menjadi fungsi primer dan fungsi sekunder.
  1. Fungsi primer adalah sebagai sarana ekspresi berkaitan dengan ketidakpuasan, kejengkelan, kemarahan dan sebagainya.
  2. Fungsi sekunder adalah sebagai bahan hiburan, sebagai analogi dalam menjelaskan sesuatu dan sebagainya.

Karena kita akan memberikan contoh teks anekdot singkat tentang sekolah beserta strukturnya. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja struktur teks anekdot.
  1. Abstraksi: bagian awal paragraf yang memberikan gambaran isi teks.
  2. Orientasi: bagian awal kejadian cerita atau latar belakang.
  3. Krisis: bagian munculnya masalah.
  4. Reaksi: bagian penyelesaian masalah.
  5. Koda: bagian akhir cerita.

Baca selengkapnya: TEKS ANEKDOT [LENGKAP]: Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh
 
Berikut merupakan contoh teks anekdot lucu dan menyindir tentang sekolah dan strukturnya.

Contoh Teks Anekdot Lucu Singkat tentang Sekolah Lengkap


Contoh Teks Anekdot Pendidikan 

#1 Sekolah Bertaraf Internasional


Abstraksi

Pada suatu hari, di sebuah sekolah yang bertaraf Internasional.

Orientasi

Seorang guru akan memberikan pengumuman kepada para muridnya.
Guru: "Anak-anak, ibu punya kabar gembira untuk kita semua. Sebentar lagi sekolah kita akan menjadi Sekolah Bertaraf Internasional. Nah, untuk menyambut hal bahagia ini, ibu ingin bertanya. Apa yang sudah kalian persiapkan untuk menyambut SBI ini? Coba Banu, apa yang kamu siapkan untuk menyambut hal ini?"
Banu: "Saya akan belajar bahasa Inggris sampai mahir."
Guru: "Bagus sekali Banu. Terus... kalau Budi bagaimana?"
Budi: "Harus siap uang bu!"

Krisis

Mendengar jawaban dari Budi, Ibu guru mencoba bertanya kembali kepada Budi.
Guru: "Lho, kenapa?"
Budi: "Ya jelas, soalnya kalau sekolah kita sudah SBI pasti bayarnya lebih mahal bu. Masa iya sih sama aja? Udah gitu kan pasti diminta iuran untuk ini itu."
Guru: "Kamu kok jawabannya seperti itu? Begini lho Budi, sekolah kita akan bertaraf Internasional yang artinya sekolah kita itu sudah setara dengan sekolah di luar negeri sana."
Budi: "Tapi bu, menurut saya ini bukan sekolah bertaraf Internasional. Tapi, sekolah bertarif Internasional!"

Reaksi

Mendengar jawaban Budi, ibu guru hanya bisa tersenyum dan tidak membalas perkataannya.

Koda

Akhirnya pelajaran dilanjutkan supaya kelas kembali menjadi kondusif.

Contoh Teks Anekdot di Sekolah Lengkap 

#2 Guru dan Murid


Akhirnya jam istirahat tiba, datanglah Supri ke kantin dan makan bakso. Beberapa menit kemudian datang pula guru olahraganya yang bernama Pak Bakri. Supri menyapa
Supri: "Selamat siang pakk, mau pesan bakso juga ya?"
Pak Bakri: "Iya sup..."

Akhirnya mereka berdua duduk bersebelahan dan terjadi obrolan singkat.
Anton: "Pak, mau tanya dong, kalau hukum murid itu berdosa tidak? Sedangkan murid kayak teman saya si Adi gak ada salahnya malah di jemur di lapangan basket."
Pak Bakri: "Loh, gak boleh gitu, kalau gak salah ya jangan dikasi hukuman."
Supri: "Oh gitu pak. Terimakasih pak, kebetulan saya belum buat tugas yang kemarin pak, lupa hehehe..."
Pak Bakri: "Wuasemmm, dasar murid gendeng!"

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Terbaru 

#3 Tes Uji Coba


Pada suatu hari, bu guru Yuni sedang menerangkan pelajaran IPA kepada para muridnya.

Bu guru: "Dengar ya anak-anak. Melakukan sesuatu itu kudu teliti guna mengecek keasliannya."

Karena masih tanggal muda bu Yuni menerangkan pelajaran dengan sangat antusias dan penuh semangat.
Riki: "Wah, itu teorinya termasuk pas pacaran ya bu?"
Bu guru: "Dasar kamu pikiran kok ngeres, ya nggak boleh lah, itu namanya dosa. Nikah aja dulu baru nyoba, jangan coba-coba dulu baru nikah!"
Riki: "Lha, kata ibu tadi semua harus dicoba? hahaha..."
Bu guru: "Pokoknya kamu nggak boleh gitu, dosa dan tercela itu."
Riki: "Yaelah bu, ngga dosa lah. Kan ujicoba nya bikin teh tarik, rasanya enak apa nggak gitu. Ah pikiran ibu ngeres aja hahaha..."

Dalam hati bu Yuni berkata: "Nih anak, kampret amat yakk, anak siapa nih?? hahaa..."

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Lucu 

#4 Pak Soni dan lomba renang


Pada suatu hari, pak guru Soni sedang menyuruh para muridnya untuk membentuk kelompok renang supaya diambil nilainya.

Pak guru: "Anak-anak, dengar bapak, sekarang berkumpul sama kelompok renang kalian sesuai keahlian masing-masing."

Semua siswa-siswi berkumpul dan membentuk kelompok yang terdiri dari:
  • Kelompok gaya bebas
  • Kelompok gaya dada
  • Kelompok gaya kupu-kupu
  • Kelompok gaya punggung.

Namun, ada seorang siswa yang tidak ikut dalam kelompok manapun.
Pak guru: "Gery... kenapa kamu gak masuk ke kelompok manapun?"
Gery: "emmm anu pak, saya bikin kelompok sendiri aja dehhh, tapi..."
Pak guru: "Tapi apa ger??"
Gery: "Tapi pak, banyak yang ngga mau gabung, soalnya kelompok renang saya namanya gaya batu, hehehee..."
Pak guru: "!@#!@$$$"

Contoh Teks Anekdot Lucu Pendidikan 

#5 Perpustakaan dan kantin


Pada suatu hari, ada dua orang siswa yang sedang berbincang-bincang tentang perbedaan perpustakaan dan kantin.
Hanif: "Lin, tau gak apa bedanya kantin ama perpus?"
Linang: "Tau dong nif, perpus kan tempat baca sama cari buku, kantin tempatnya cari makan."
Hanif: "Hmm, kalo persamaannya tau nggak??"
Lintang: "Emmm,, apa ya???"
Hanif: "Gitu aja gak tau, jawabannya sama-sama ada yang jaga, hahaha..."
Lintang: "Hahahaha... oh iya tumben encer otakmu, biasanya kan anu."

Contoh Teks Anekdot Lucu Tema Pendidikan Sekolah 

#6 Belajar kalimat


Pada suatu hari yang panas, seorang guru sedang memberikan materi tentang jenis dan pola kalimat. Di akhir mata pelajaran, guru tersebut memberikan kesempatan kepada para muridnya yang belum paham untuk bertanya. Lalu, salah satu siswa yang terkenal pintar, mengacungkan tangannya.

Murid: "Pak, mana yang benar dengan susunan kalimat berikut ini? Anak yatim dimarahi ayahnya atau ayah memarahi anak yatim?"
Pak guru: "Kedua kalimat tersebut benar, karena dalam kalimat itu kita bisa menggolongkan apakah itu kalimat aktif atau pasif, jadi dari contoh kalimatmu tadi, tinggal pilih saja akan menggunakan yang mana, semuanya benar."
Murid: "Tapi pak, menurut saya kedua kalimat tersebut salah."
Pak guru: "Apa alasanmu? bilang kalau kalimat itu salah?"
Murid: "Alasan saya, karena yang namanya anak yatim itu kan gak punya ayah lagi, gitu pak."
Pak guru: "##@!@#!#"

Contoh Teks Anekdot Singkat tentang Pendidikan 

#7 Hasil Ulangan


Sepulang sekolah, Ade ditanya oleh ibunya mengenai hasil ulangannya. Kebetulan hari ini adalah ulangan matematika yang menjadi mapel menakutkan bagi Ade.
Ibu: "De, bagaimana ulanganmu hari ini? Bisa kan? Lancar??"
Ade: "Semalam, Ade udah belajar sangat keras untuk ulangan hari ini bu."
Ibu: "Lalu, kamu bisa kerjain semua soalnya kan?"
Ade: "Dari sepuluh soal, Ade hanya salah satu, bu."
Ibu: "Wah.. hebat dong kamu, pasti nilai ulanganmu bagus.."
Ade: "Tapi bu.... yang sembilan soal lagi, Ade lupa kerjain.."
Ibu: "@!#@!#!@#"

Contoh Cerita Anekdot Terbaru 

#8 Pelajaran Biologi tentang Binatang


Pada suatu hari, ada seorang guru yang diakhir mata pelajarannya memiliki sebuah pertanyaan untuk menguji seberapa dalam pemahaman murdinya tentang pelajaran hari ini.
Guru: "Anak-anak, bapak punya sebuah pertanyaan untuk kalian semua. Apa binatang yang memiliki kelamin di atas punggung."
Joni: "Waduh, kalo kelaminyna di atas punggung, ntar pipisnya muncrat kemana-mana dong pak."
Ani: "Mana ada binatang yang kelaminnya di atas punggung pak. Sepertinya gak ada pak.."
Guru: "Ada lho, kalo gak ada kenapa bapak kasih kalian pertanyaan.."
Joni: "Kami semua gak tau pak, jadi apa jawabannya?"
Guru: "Jawabannya adalah kuda lumping yang sedang dimainkan orang."
Murid: "Wkwkwkkw..."

Contoh Teks Anekdot Menyindir tentang Sekolah 

#9 Menggambar Segitiga sama kaki


Pada suatu hari, bu guru Nandel memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada para muridnya, untuk menggambar segitiga sama kaki.

Keesokan harinya, bu guru Nandel menagih PR yang diberikan seminggu yang lalu. Ia memeriksa satu per satu buku yang ada dihadapannya. Lalu, bu Nandel tertuju ke satu murid yang bukunya kosong, lalu bu guru pun bertanya.

Bu Nandel: "Anto, kamu tidak buat PR ya?"
Anto: "Iya bu. Saya tidak bisa buatnya."
Bu Nandel: "Apa yang membuatmu kesulitan, kan ibu udah ajarin.."
Anto: "Saya tidak bisa menggambar segitiga sama kaki bu, karena saya bisanya menggambar segitiga sama tangan bu, kan lebih mudah.."
Bu Nandel: "#@$!@#!"

Contoh Teks Anekdot Panjang tentang Sekolah 

#10 Tanda Tangan Orang Tua


Hari ini bu guru tengah membagikan hasil UAS matematika, hasil UAS ini dibawa pulang untuk dimintakan tanda tangan orang tua. Setelah ditandatangai orang tua, barulah kertas UAS dikembalikan kepada bu guru. Gunanya agar orang tua mengetahui nilai UAS anaknya.

Keesokan harinya, bu guru menagih kertas hasil UAS yang harus dimintakan tanda tangan orang tua. Satu per satu murid menyerahkan kertas itu, bu guru mengecek satu persatu tanda tangan orang tua. Lalu bu guru memanggil Abdi kedepan dan menanyakan tanda tangan orang tua pada kertas hasil UAS nya.

Bu guru: "Abdi... apakah kamu sudah meminta tanda tangan orang tuamu?"
Abdi: "Sudah bu, saya minta tanda tangannya lebih dari satu bu."
Bu guru: "Tapi, kertas UAS mu tidak ada tanda tangan orangtua mu.."
Abdi: "Iya bu.. soalnya tanda tangan orang tua saya bukan ditaruh di kertas hasil UAS."
Bu guru: "Lalu, kamu tandatangani nya dimana?"

Sambil membuka lengan bajunya dan menunjukkan tanda biru bekas cubitan.
Abdi: "Ini bu, tanda tangan orang tua saya, pas ayah saya lihat hasil UAS saya, ayah saya langsung memberikan tandatangan nya disini bu." (menunjuk ke arah bekas cubitan dar ayahnya)

Baca juga: 3 Contoh Teks Anekdot Pendidikan Kurikulum 2013 (K13)

Demikianlah artikel hari ini tentang 10 Contoh Teks Anekdot Lucu Singkat tentang Sekolah Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

KLIK UNTUK BERKOMENTAR