Type something and hit enter

Posted by On
Soal dan Kunci Jawaban Uraian Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 7 (VII) Kurikulum 2013 edisi Revisi 2016 - Artikel ini menjawab pertanyaan-pertanyaan uraian dari buku agama Islam SMP kelas VII Semester 1 kurikulum 2013 (K13) edisi revisi 2016 yaitu BAB I/1 tentang "Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang sangat Indah Nama-Nya."

Jawaban Uraian BAB 1 PAI Kelas 7 Halaman 12-14 K13 revisi 2016

Kunci Jawaban Uraian BAB 1 PAI Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016

III. Uraian

Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pertanyaan!

1. Apa yang kamu ketahui tentang iman? Jelaskan!

Jawaban:
Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengapa Allah Swt. itu indah nama-nama-Nya?

Jawaban:
Karena pemilik yang mahabaik.

3. Mengapa Allah itu al-'Alim? Sebutkan bukti-buktinya!

Jawaban:
Maha Mengetahui yang tampak dan yang tidak tampak (ghaib), contoh pengetahuan Allah Swt. tidak terbatas ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt. bahkan peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt.

4. Mengapa Allah itu al-Khabir? Sebutkan bukti-buktinya!

Jawaban:
Maha Memberitahu, melalui al-Quran, Allah Swt. memberitahu kepada kita tentang kejadian dan kisah orang-orang terdahulu. Buktinya, Allah memberikan gambaran kejadian kiamat dan kehidupan akhirat kelak.

5. Mengapa Allah itu as-Sami'? Sebutkan bukti-buktinya!

Jawaban:
Maha Mendengar. Allah Swt. mendengar suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Buktinya, pendengaran Allah Swt. tidak terbatas. Tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangat pelan.

6. Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!

Jawaban:
Maha Melihat. Allah Swt. dapat melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Buktinya, Allah Swt. melihat apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan di seluruh alam semesta ini dapat dipantau.

7. Berikan 2 contoh perilaku al-'Alim dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!

Jawaban:
  1. Di sekolah kita harus selalu menuntut ilmu dan berbuat baik kepada sesama karena Allah Maha Mengetahui semua perbuatan kita.
  2. Di rumah kita tidak boleh berbohong kepada orang tua dan harus berkata jujur karena Allah Maha Mengetahui semua perbuatan kita.

8. Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!

Jawaban:
  1. Teliti saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
  2. Teliti saat mengerjakan PR dari sekolah.

9. Jelaskan arti al-'Alim, al-Khabir, as-Sami', dan al-Basir!

Jawaban:
  • al-'Alim artinya Maha Mengetahui,
  • al-Khabir artinya Maha Memberitahu,
  • al-Sami' artinya Maha Mendengar,
  • al-Basir artinya Maha Melihat.

10. Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-al-Husna tersebut?

Jawaban:
Saya akan mengingatkannya dengan lisan, seperti menasehatinya. Jika tidak berhasil, saya hanya akan mendoakannya agar Allah membukakan hatinya dan sadar apa yang telah dilakukannya itu salah, dan mengingatkan diri saya sendiri agar tidak melakukan perbuatan yang sama dengan teman saya.

Baca juga: Kunci Jawaban PG PAI Kelas 7 BAB 1

Demikianlah artikel kali ini tentang latihan soal dan kunci jawaban uraian PAI kelas 7 semester 1 kurikulum 2013: Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya. Semoga bermanfaat bagi Anda, jika ada jawaban yang salah mohon dikoreksi dengan memberi komentar dibawah ya.

Baca juga:

0 komentar