Type something and hit enter

Posted by On

Soal Latihan dan Kunci Jawaban Agama Islam Uraian Bab 11 Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi Revisi 2016 - Artikel ini menjawab pertanyaan-pertanyaan essai/uraian dari buku agama Islam SMP kelas VII semester ganjil/genap kurikulum 2013 (K13) yaitu BAB 11/XI tentang "Hijrah ke Madinah Suatu Kisah yang Membanggakan".


Jawaban Essai Agama Islam Kelas 7 BAB 11 Halaman 170 K13 Revisi 2016

Kunci Jawaban Uraian PAI Kelas 7 BAB 11 K13 Revisi 2016


III. Uraian


Jawablah soal-soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul?
2. Siasat apa yang dilakukan kafir Quraisy menghadapi rencana hijrah Nabi Muhammad saw.?
3. Di manakah Nabi Muhammad saw. bersembunyi saat perjalanan hijrah ke Madinah? Mengapa harus bersembunyi?
4. Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan hijrah? Jelaskan!
5. Apa yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di Madinah?
6. Sebutkan fungsi masjid pada zaman Nabi Muhammad saw.!
7. Mengapa Nabi Muhammad saw. mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar?
8. Sebutkan isi Perjanjian Hudaibiyah!
9. Bagaimana tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin?
10. Bagaimana tanggapan tentang dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah?

Jawabannya:

1. Rencana hijrah Nabi Muhammad saw. didengar oleh Kafir Quraisy. Kaum Quraisy pun akhirnya merencanakan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad saw. Namun gagal.

Karena kegagalan itu, kemudian orang Quraisy mengadakan sayembara, siapa saja yang dapat membawa Nabi Muhammad saw. hidup atau mati, hadiah besar dan jabatan tinggi menantinya.

2. Siasat pertama, mereka menyuruh para pemuda untuk mengepung rumah Rasulullah. Pada malam itu pula, Nabi Muhammad saw. membisikkan kepada Ali bin Abi Thalib supaya memakai selimut beliau dan berbaring di tempat tidurnya. Atas izin Allah, Nabi Muhammad berhasil keluar dari rumahnya dengan selamat.

Siasat kedua, mereka mengadakan sayembara, bagi siapa saja yang berhasil membawa Rasulullah maka akan mendapatka nhadiah besar. Rencana ini juga gagal atas izin Allah SWT.

3. Dalam perjalanannya, mereka berdua sempat bersembunyi di Gua Tsur selama tiga hari tiga malam. Hal ini dilakukan supaya para pemuda Quraisy yang mengejar tidak menyangka mereka melalui jalan itu.

4. Penyebab Nabi Muhammad saw. hijrah adalah:
  • Karena atas perintah Allah SWT.
  • Karena serangan kafir Quraisy Mekkah yang semakin meningkat.
  • Karena ada harapan baru untuk mengembangkan Islam di Madinah.

5. Yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di Madinah adalah:
  • Membangun masjid.
  • Mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan Anshar.
  • Membuat perjanjian dengan penduduk Madinah.

6. Di antara fungsi masjid pada zaman Nabi adalah sebagai tempat memeprsatukan umat, bermusyawarah tentang perkembangan Islam, mengakaji ilmu agama, bahkan sebagai pusat pemerintahan setelah Rasulullah dipilih sebagai pemimpin di Madinah.

7. Nabi Muhammad mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar agar mereka dapat saling membantu dan mengasihi satu sama lain. Kaum Muhajirin telah meninggalkan harta, keluarga sehingga mereka dalam keadaan susah. 

Setiap orang Ansar mengakui orang Muhajirin sebagai saudaranya sendiri. Mereka mempersilahkan saudaranya tinggal di rumah dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di rumah tersebut.

8. Isi perjanjian Hudaibiyah adalah sebagai berikut:
  1. Gencatan senjata antara Mekkah dan Madinah selama 10 tahun.
  2. Warga Mekkah yang menyeberang ke Madinah tanpa izin walinya harus dikembalikan ke Mekkah.
  3. Warga Madinah yang menyeberang ke Mekkah tidak boleh kembali ke Madinah.
  4. Warga selain Mekkah dan Madinah, dibebaskan memilih untuk berpihak ke Mekkah atau Madinah.
  5. Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya harus meninggalkan Mekkah, tetapi diperbolehkan kembali lagi setahun setelah perjanjian itu, dan akan dipersilahkan tinggal selama 3 hari dengan syarat hanya membawa pedang dalam sarungnya. Dalam masa 3 hari itu kaum Quraisy akan menyingkir keluar dari Mekkah.

9. Orang-orang yang bukan kerabat disambut dengan sangat gembira. Karena memang kaum Anshar memandang kaum Muhajirin sebagai kerabat atau keluarga dalam Islam.

10. Dakwah Nabi Muhammad di Madinah mendapatkan sambutan yang baik, hal ini karena kebijakannya dan ketabahannya dalam menyiarkan agama Allah Kebijakannya yang mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar serta pembentukan piagam madinah menjadi faktor penting kesuksesan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah.


Demikianlah artikel kali ini tentang latihan soal dan kunci jawaban uraian PAI kelas 7 bab 11 semester 1/2 kurikulum 2013 Revisi 2016: Hijrah ke Madinah Suatu Kisah yang Membanggakan. Semoga bermanfaat bagi Anda, jika ada jawaban yang salah mohon dikoreksi dengan memberi komentar dibawah ya.

0 komentar