Type something and hit enter

Posted by On
Soal Latihan dan Kunci Jawaban Agama Islam Uraian Bab 12 Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi Revisi 2016 - Artikel ini menjawab pertanyaan-pertanyaan essai/uraian dari buku agama Islam SMP kelas VII semester ganjil/genap kurikulum 2013 (K13) yaitu BAB 12/XII tentang "Al-Khulafa'u ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw".

Jawaban Essai Agama Islam Kelas 7 BAB 12 Halaman 185 K13 Revisi 2016

Kunci Jawaban Uraian PAI Kelas 7 BAB 12 K13 Revisi 2016


III. Uraian

Jawablah soal-soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar as-Siddiq!
2. Mengapa Abu Bakar diberi gelar as-Siddiq?
3. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Usman bin Affan!
4. Siapakah Ali bin Abi Talib itu?
5. Bagaimana tanggapanmu tentang al-Khulafa'u ar-Rasyidun?
6. Mengapa Abu Bakar berani berkorban untuk kepentingan Islam?
7. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Umar bin Khattab!
8. Apa yang dilakukan khalifah Umar bin Khattab ketika mendengar anak-anak kecil menangis?
9. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki oleh Ali bin Abi Talib!
10. Ceritakan kembali secara singkat kisah Umar dengan janda tua!

Jawabannya

1. Abu Bakar as-Siddiq bersifat bijaksana dan tegas terhadap orang yang mengaku nabi, tidak mau membayar zakat, dan orang murtad.

2. Ketika itu, Rasulullah saw. melakukan Isra' Mi'raj, yaitu melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina dan naik ke langit sampi Sidratul Muntaha dalam waktu sepertiga malam. Pada peristiwa itu, Rasulullah saw, diberi tugas oleh Allah berupa salat lima kali sehari semalam. 

Ketika berita itu disampaikan kepada orang kafir Mekah, serentak mereka tidak mempercayainya, bahkan menggapan Nabi Muhammad saw. melakukan kebohongan. Akan tetapi Abu Bakar langsung membenarkan apa yang dikatakan oleh Nabi tersebut.

3. Usman bin Affan bersifat sabar, saleh, dan dermawan. Banyak membantu perjuangan Islam.

4. Ali bin Abi Tali mempunyai nama asli Haydar (singa) bin Abu Talib. Beliau adalah seorang pemeluk Islam pertama dan juga dari keluarga Nabi Muhammad saw. Ali adalah sepupu Nabi Muhammad saw. dan menantunya setelah menikah dengan Fatimah.

5. Al-Khulafa'u ar-Rasyidun artinya pemimpin-pemimpin yang diberi petunjuk Allah Swt. Saya yakin bahwa al-Khulafa'u ar-Rasyidun adalah orang-orang yang dimuliakan Allah Swt. 

Al-Khulafa'u ar-Rasyidun adalah pribadi-pribadi terbaik hasil didikan Rasulullah saw. Mereka telah teruji kehebatan dan kepiawaiannya sebagai teladan dalam kepemimpinan untuk membangun peradaban Islam yang lebih maju.

6. Karena kecintaan Abu Bakar as-Siddiq kepada Islam dan kepada Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar rela mengorbankan jiwa dan raganya hanya untuk kejayaan Islam.

7. Umar bin Khattab memiliki sifat tegas dan pemberani yaitu salah satunya melakukan perluasaan wilayah  Islam.

8. Beliau ikut menangis dan segera pulang untuk mengambil gandum dan bahan makanan lainnya untuk anak-anak tersebut.

9. Ali bin Abi Thalib memiliki sifat cerdas dan sabar. Ilmunya yang tinggi dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul.

10. Pada suatu malam, hartawan Abdurrahman bin Auf dipanggil oleh Khalifah Umar bin Khattab unuk diajak pergi ke pinggir kota Madinah.

Ketika malam mulai sepi, Khalifah Umar bin Khattab berkata kepada Abdurrahman bin Auf "kau boleh tidur, biarlah saya saja yang berjaga-jaga. Nanti kalau ada apa-apa kau saya bangunkan".

Suatu malam Auza'iy memergoki Khalifah masuk ke rumah seseorang yang ternyata seorang janda tua yang buta dan sedang menderita sakit. Janda itu mengatakan bahwa tiap malam ada orang yang datang ke rumahnya untuk mengirim makanan dan obat-obatan.

Siapa nama orang itu, janda tua itu sama sekali tidak tahu. Padahal orang yang ia maksud adalah Khalifah Umar bin Khattab.


Demikianlah artikel kali ini tentang latihan soal dan kunci jawaban uraian PAI kelas 7 bab 12 semester 1/2 kurikulum 2013 Revisi 2016: Al-Khulafa'u ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw. Semoga bermanfaat bagi Anda, jika ada jawaban yang salah mohon dikoreksi dengan memberi komentar dibawah ya.

0 komentar