Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Perbedaan PPPK dan PNS yang wajib kalian ketahui - Bagi kalian yang tidak lolos seleksi CPNS 2018, terutama untuk honorer K2 (kategori 2) jangan terlalu bersedih hati. Karena pemerintah memberikan kesempatan kedua untuk mengabdi kepada negara melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pemerintah membuka penerimaan melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau disingkat P3K. Pegawai yang diterima memiliki status yang sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Bagi kalian yang masih gagal paham mengenai perbedaan antara PPPK (P3K) dengan PNS. Simaklah penjelasan dari Coretanpemuda berikut.

Perbedaan PPPK (P3K) dengan CPNS tahun 2018

Perbedaan PPPK dan PNS
Perbedaan PNS dan PPPK (P3K)

1. Masa Kerja P3K lebih fleksibel dibanding PNS


Kepala Badan Kepegawainan Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan perbedaan P3K dan PNS terletak pada masa kerja.

Bima melanjutkan, masa kerja P3K paling cepat adalah 1 (satu) tahun. Pegawai tersebut bisa memperpanjang masa baktinya hingga satu tahun sebelum memasuki masa pensiun jabatan yang diemban. Tentu saja, setelah melewati evaluasi tiap tahunnya.

Bima mencontohkan, jabatan profesor harus pensiun pada umur 70 tahun. P3K yang lolos evaluasi bisa memperpanjang kontraknya hingga mencapai usia 69 tahun.

Bima menerangkan, masa jabatan satu tahun ini ditentukan berdasarkan anggaran. Artinya adalah kebutuhan P3K setiap tahun disesuaikan dengan kemampuan finansial pemerintah. Dengan begitu masa jabatan yang fleksibel ini membuka ruang bagi tenaga ahli yang ingin mengabdi pada negara, tetapi tak ingin terikat terlalu lama.

2. Perbedaan dalam Segi Keuangan


Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menuturkan P3K tidak mendapat jaminan pensiun dan hari tua, berbanding terbalik dengan PNS.

Bima melanjutkan, penerimaan mereka tidak dipotong langsung untuk program tersebut seperti PNS. Jika ingin mendapat uang pensiun, P3K dipersilahkan mengikuti program tabungan pensiun.

Dalam hal ini, Bima mengatakan pihaknya sudah berbicara dengan PT. Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) terkait dana pensiun yang akan diterima P3K. Menurut dia, perusahaan pelat merah itu sudah siap.

Baca juga: Syarat Pendaftaran PPPK atau P3K

Demikianlah artikel tentang perbedaan PPPK dan PNS, mulai dari gaji pensiun dan masa kerja yang berbeda. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Sumber: nasional.tempo.co/read/1128963/pemerintah-siapkan-skema-p3k-ini-bedanya-dengan-pns/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR