Type something and hit enter

Posted by On

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang mulia yaitu 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli 2022. 


Dalam menyambut bulan Muharram ini para pelajar ditugaskan oleh guru sekolahnya untuk mencari contoh pidato singkat tentang 1 Muharram 1444 H untuk berceramah di depan kelas nanti.


Oleh karena itu kami Coretan Pemuda akan membagikan salah satu contoh teks pidato tentang bulan Muharram untuk pelajar mulai dari jenjang anak SD, SMP  secara singkat dan jelas.


Langsung saja simak pidato untuk memperingati bulan Muharram.


Baca juga: Contoh Teks Anekdot Lucu


Pidato Singkat tentang 1 Muharram untuk Anak SD 

pidato tentang 1 muharram untuk anak sd


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Alhamdulillahi robbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya’i wal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in. Amma ba’du.


Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah

Yang saya hormati, Bapak/Ibu  Dewan Guru 

Serta teman-teman yang saya sayangi;


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Allah Ta'ala atas nikmat dan karunia yang telah Allah berikan pada kita. Allah masih memberikan kita nikmat sehat, umur panjang serta kesempatan sehingga bisa menyambut momentum 1 Muharram 1444 Hijriah.


Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi besar, Nabi agung, Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai panutan dan suri tauladan kita, begitu pula pada keluarga dan sahabatnya serta yang mengikuti beliau dengan baik hingga akhir zaman dengan mengucapkan “Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad.


Bapak, Ibu, serta teman-teman yang dirahmati oleh Allah Ta'ala


Alhamdulillah dengan izinnya kita bisa berjumpa kembali di bulan yang sangat istimewa ini yaitu bulan Muharram, InsyaAllah saya akan membahas tentang hikmah bulan Muharram. 


Bulan muharram adalah salah satu bulan yang sangat di muliakan oleh Allah Ta'ala selain menjadi awal dari tahun islam bulan Muharram juga merupakan tanda dari kebangkitan dari terjadinya peradaban sejarah islam.


Mengapa dikatakan demikian? Karena di bulan muharram itu banyak sekali kejadian-kejadian yang di alami oleh para nabi dan para rasul yang dimana kejadian tersebut bisa dikatakan sebagai kejadian yang sangat luar biasa bahkan bisa dijadikan acuan kepada kita dalam memperjuangkan agama islam di muka bumi ini.


Sebagai salah satu contoh adalah terjadinya peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  dan para sahabatnya dari kota Mekkah ke kota Madinah dengan jarak tempuh kurang lebih dari 450 km dengan berjalan kaki.


Ini menandakan bahwa dalam meraih kesuksesan harus disertai dengan pengorbanan yang sungguh sungguh sebagaimana yang telah dicontohkan oleh nabi dan para sahabatnya lewat peristiwa hijrah itu betul tidak para hadirin? Kalau betul tepuk tangan dong buat aku terima kasih.


Teman-teman yang berbahagia;


Lantas apa hikmah yang bisa kita ambil dari peristiwa tersebut? Ada 5 hikmah yang dapat kita ambil pelajarannya dari peristiwa tersebut.


M yang pertama adalah mencintai Allah dan Rasulnya.

M yang kedua adalah melaksanakan semua perintah Allah dan Rasulnya serta menjauhi

semua larangannya.

M yang ketiga adalah mentaati kedua orang tua kita.

M yang keempat adalah memeperbaiki dan meningkatkan ibadah kita baik yang langsung

kepada Allah Ta'ala maupun yang ada kaitannya dengan makhluk.

M yang kelima adalah mari kita jadikan bulan Muharram ini sebagai awal dari kebangkitan

Islam yang dimulai dari diri kita sendiri. 


Insya Allah melalui 5 M tersebut kita semua akan menemukan sebuah jalan menuju surgaNya Aamiin....


Teman-teman yang berbahagia;


Jadi dapat disimpulkan bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan Allah Ta'ala yang tergambar dari perjuangan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. 


Melalui peristiwa hijrah tersebut kita semua dapat merealisasikan makna hijrah ke dalam kehidupan yang nyata ini agar kelak meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.


Oh iya ada pantun nih


Jalan-jalan ke pasar beli jagung

Tidak lupa aku minta bonusnya

Bulan Muharram adalah bulan yang Agung

Mari kita bersemangat dalam menyambutnya


Ada masya mencium pipiku

Lagu ungu tercipta untukmu

Kalau suka dengan pidatoku

Tunggulah aku dilain waktu


Burung irian 

Burung cendrawasih 

Cukup sekian dan 

Terima kasih


Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.


Download Contoh Teks Pidato 1 Muharram PDF

.

Contoh di atas bisa kalian jadikan referensi dalam membuat naskah pidato tentang 1 Muharram terutama untuk para pelajar dari SD hingga SMP.


Untuk memudahkan kamu, kami menyiapkan file unduhan pidato anak tentang hikmah bulan Muharram dengan format PDF di atas.


Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownloadnya.


Disini


Baca juga: Contoh Teks Anekdot Pendidikan


Demikianlah artikel tentang contoh pidato singkat bertema 1 Muharram untuk anak SD, SMP  beserta pantun lucu. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar