Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Coretanpemuda.com, BKD Jabar - Pengumuman Hasil Ujian/Tes CAT SKD CPNS 2018 Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melaksanakan Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2018, berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) nomor 334 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Provinsi Jawa Barat Tahun 2018.

Penerimaan CPNS 2018 di BKD Jabar merupakan bagian dari seleksi nasional.

Pengumuman Hasil Tes CAT SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Barat - BKD Jabar

Pada penerimaan CPNS 2018 ini, pemerintah lebih mengutamakan tiga lowongan yaitu tenaga guru, tenaga kesehatan, dan juga tenaga teknis. Prioritas ini juga berlaku untuk BKD Jawa Barat.

Baca juga: Pengumuman Hasil Tes CAT SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Timur - BKD Jatim

Formasi CPNS 2018 Provinsi Jawa Barat


Perlu kalian ketahui kuota CPNS Jawa Barat berjumlah 1.069 formasi jabatan yang akan dibuka oleh Pemprov Jawa Barat untuk CPNS 2018 dengan rincian:

Tenaga pendidik (guru) dan tenaga medis 1000 orang, untuk formasi nontenaga pendidik dan kesehatan, hanya mengalokasikan 69 orang.

Pemerintah memastikan alur registrasi tidak melalui laman intansi atau kementerian terkait. Proses pendaftaran CPNS 2018 hanya dilakukan melalui website nasional yaitu https://sscn.bkn.go.id.

Walaupun begitu informasi tentang penerimaan CPNS 2018, dapat juga kita ketahui di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing, BKD Jabar. Untuk informasi tambahan, pelamar juga bisa menanyakan langsung ke BKD Jawa Barat yang beralamat di Jl. Ternate No. 2, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Persyaratan CPNS 2018 BKD Jabar


Persyaratan-persyaratan untuk CPNS 2018 wilayah Provinsi Jawa Barat sama seperti yang lainnya yaitu jenjang usia 18 - 35 tahun, tidak pernah dipidana penjara, tidak berkedudukan sebagai PNS, TNI, atau Polisi, tidak memakai narkoba, sehat jasmani rohani dan lain-lain.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018 Jawa Barat


Bagaimana cara mendaftar menjadi CPNS 2018 Provinsi Jawa Barat? Tata cara pendaftaran masih sama seperti pada umumnya, yaitu melalui alamat https://sscn.bkn.go.id.

Sebelum kalian mendaftar, sebaiknya kalian harus mempersiapkan dokumen penting penunjang pendaftaran CPNS, yaitu: KK, KTP, Ijazah, transkip nilai, pas foto, dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan kalian lamar. Dan juga disarankan agar mengetahui formasi CPNS, khususnya pada Pemprov Jawa Barat. Formasi CPNS BKD Jabar bisa kalian lihat di atas, sudah kami cantumkan.

Tahap-Tahap Seleksi Pendaftaran CPNS 2018


Tahapan seleksi pendaftaran CPNS sama seperti Seleksi Administrasi, yaitu mencetak kartu pendaftaran serta melakukan verifikasi dengan cara mengantarkan langsung berkas pendaftaran melalui kantor pos ke Kantor BKD Jawa Barat. Setelah lulus Seleksi Administrasi biasanya akan mendapatkan kartu tanda memenuhi syarat. Selanjutnya baru menunggu jadwal dan seleksi pelaksanaan TKD dan TKB.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 Pemprov Jabar


Pengumuman seleksi administrasi CPNS 2018 dilakukan secara serentak pada tanggal 21 Oktober 2018. Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN):

  • Hasil Verifikasi Data Pelamar CPNS Pemprov Jawa Barat yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dapat dilihat pada situs https://sscn.bkn.go.id
  • Bagi pelamar yang dinyatakan Memenuhi Syarat diwajibkan mencetak kartu ujian melalui https://sscn.bkn.go.id agar dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Jadwal tes akan disampaikan melalui web https://sscn.bkn.go.id, http://www.jabarprov.go.id, http://bkd.jabarprov.go.id.


Kartu ujian tersebut digunakan untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). Tes SKD ini meliputi Teks Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Bagi peserta yang dinyatakan lolos tes seleksi akan masuk dalam tahap berikutnya yaitu tahap pemberkasan CPNS 2018 pada Desember mendatang.

Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS Provinsi Jabar


Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Pemprov Jabar. Untuk BKD Jabar membutuhkan 1.069 formasi jabatan masing masing 1.000 untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan, 69 orang untuk nontenaga pendidik dan kesehatan.

Baca juga: Peraturan Baru Kemenpan RB untuk Peserta Tidak Lolos SKD CPNS 2018

Pengumuman hasil tes SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Barat (Jabar) bisa dilihat pada laman resmi BKD Jabar .

Link pengumuman hasil tes SKD CPNS 2018 Provinsi Jawa Barat bisa dilihat disini:
Hasil SKD Pemprov Jabar CPNS 2018

Seperti kita ketahui, Kepala BKN berpendapat sistem rangking menjadi solusi kurangnya jumlah peserta yang lolos tes SKD.

Bagi yang dinyatakan lolos pada tes SKD, selanjutnya akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca juga: Bocoran Penting Kisi-Kisi Ujian SKB CPNS 2018 Dibagikan oleh BKN

Demikianlah  info pengumuman hasil ujian SKD CPNS BKD Jabar tahun 2018. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Tribun Jabar

KLIK UNTUK BERKOMENTAR