Type something and hit enter

Posted by On
Coretanpemuda.com, BKD Jatim - Pengumuman Hasil Ujian/Tes CAT SKD CPNS 2018 Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2018, berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) nomor 334 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Provinsi Jawa Timur Tahun 2018.

Penerimaan CPNS 2018 di Pemprov Jatim merupakan bagian dari seleksi nasional.

Pengumuman Hasil Tes CAT SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Timur - BKD Jatim


Pada penerimaan CPNS 2018 ini, pemerintah lebih mengutamakan tiga lowongan yaitu tenaga guru, tenaga kesehatan, dan juga tenaga teknis. Prioritas ini juga berlaku untuk BKD Jatim.

Baca juga: Pengumuman Hasil Tes CAT SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Tengah - BKD Jateng

Formasi CPNS 2018 Pemprov Jawa Timur


Perlu kalian ketahui kuota CPNS Provinsi Jawa Timur  sebanyak 2.065 formasi jabatan yang akan dibuka oleh BKD Jatim untuk CPNS 2018 dengan rincian.

  1. Tenaga Guru sebanyak 826 orang.
  2. Tenaga Kesehatan sebanyak 797 orang.
  3. Tenaga Teknis sebanyak 442 orang.

Pemerintah memastikan alur registrasi tidak melalui laman intansi atau kementerian terkait. Proses pendaftaran CPNS 2018 hanya dilakukan melalui website nasional yaitu https://sscn.bkn.go.id.

Walaupun begitu informasi tentang penerimaan CPNS 2018, dapat juga kita ketahui di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing, BKD Jatim.

Persyaratan CPNS 2018 Provinsi Jawa Timur


Persyaratan-persyaratan untuk CPNS 2018 wilayah Provinsi Jawa Timur sama seperti yang lainnya yaitu jenjang usia 18 - 35 tahun, tidak pernah dipidana penjara, tidak berkedudukan sebagai PNS, TNI, atau Polisi, tidak memakai narkoba, sehat jasmani rohani dan lain-lain.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018 Jatim


Bagaimana cara mendaftar menjadi CPNS 2018 Provinsi Jawa Timur? Tata cara pendaftaran masih sama seperti pada umumnya, yaitu melalui alamat https://sscn.bkn.go.id.

Sebelum kalian mendaftar, sebaiknya kalian harus mempersiapkan dokumen penting penunjang pendaftaran CPNS, yaitu: KK, KTP, Ijazah, transkip nilai, pas foto, dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan kalian lamar. Dan juga disarankan agar mengetahui formasi CPNS, khususnya pada Pemprov Jatim. Formasi CPNS BKD Jatim bisa kalian lihat di atas, sudah kami cantumkan.

Tahap-Tahap Seleksi Pendaftaran CPNS 2018


Tahapan seleksi pendaftaran CPNS sama seperti Seleksi Administrasi, yaitu mencetak kartu pendaftaran serta melakukan verifikasi dengan cara mengantarkan langsung berkas pendaftaran melalui kantor pos ke Kantor BKD Jatim. Setelah lulus Seleksi Administrasi biasanya akan mendapatkan kartu tanda memenuhi syarat. Selanjutnya baru menunggu jadwal dan seleksi pelaksanaan TKD dan TKB.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Timur


Pengumuman seleksi administrasi CPNS 2018 dilakukan secara serentak pada tanggal 21 Oktober 2018. Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN):

  • Hasil Verifikasi Data Pelamar CPNS Pemprov Jawa Timur yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dapat dilihat pada situs https://sscn.bkn.go.id. 
  • Bagi pelamar yang dinyatakan Memenuhi Syarat diwajibkan mencetak kartu ujian melalui https://sscn.bkn.go.id agar dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Jadwal tes akan disampaikan melalui web https://sscn.bkn.go.id, http://www.bkd.jatimprov.go.id.


Kartu ujian tersebut digunakan untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). Tes SKD ini meliputi Teks Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Untuk CPNS 2018 Provinsi Jawa Timur yang lolos seleksi administrasi sebanyak 51.988 orang dari jumlah pendaftar mencapai 63.186 orang.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos tes seleksi akan masuk dalam tahap berikutnya yaitu tahap pemberkasan CPNS 2018 pada Desember mendatang.

Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS Provinsi Jawa Timur 2018


Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Provinsi Jawa Timur telah selesai dilaksanakan. Untuk BKD Jatim terdapat 51.988 peserta yang dinyatakan lolos administrasi.

Baca juga: Peraturan Baru Kemenpan RB untuk Peserta Tidak Lolos SKD CPNS 2018

Link pengumuman hasil tes SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Timur (Jatim) telah diumumkan. Tetapi, pengumuman hasil ujian SKD CPNS 2018 BKD Jatim baru berupa nilai saja. Belum diketahui hasil yang lolos passing grade/berapa orang.

Untuk itu dengan kalian melihat hasil tes SKD CPNS 2018 Jawa Timur, kalian bisa tahu peluang lolos melalui skor atau nilai pesaing-pesaingmu.

Caranya dengan mengetahui skor pesaingmu atau peserta lain yang mengambil formasi yang sama denganmu dan buat peringkat sederhana berdasarkan skor total.

Link pengumuman hasil tes SKD CPNS 2018 Provinsi Jawa Timur bisa dilihat disini:

  • http://bkd.jatimprov.go.id/statis-62-nilai.html
Hasil SKD Pemprov Jatim CPNS 2018

Seperti kita ketahui, Kepala BKN berpendapat sistem rangking menjadi solusi kurangnya jumlah peserta yang lolos tes SKD.

Bagi yang dinyatakan lolos pada tes SKD, selanjutnya akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca juga: Bocoran Penting Kisi-Kisi Ujian SKB CPNS 2018 Dibagikan oleh BKN

Demikianlah  info pengumuman hasil tes SKD CPNS 2018 Pemprov Jawa Timur (BKD Jatim). Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Tribun Surabaya

0 komentar