Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Coretanpemuda.com - Akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan kisi-kisi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2018 yang wajib kalian pelajari.

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tengah memasuki ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Walaupun ada beberapa lembaga, seperti BKD Wonogiri yang telah menyelesaikan tes SKD, tetapi masih banyak juga lembaga yang belum selesai.

Kisi-Kisi Ujian Seleksi SKB CPNS 2018 oleh BKN


Dalam tes SKD banyak peserta yang tidak lolos karena nilai yang tidak memenuhi nilai ambang batas tes SKD sebesar 143 poin. Hanya sekitar 9 persen saja yang rata-rata mampu melewati passing grade dalam tahapan SKD.

Baca juga: Pengumuman Hasil SKD CPNS 2018 Pemkab Wonogiri

Jumlah tersebut masih jauh dari formasi yang dibutuhkan tiap-tiap instansi. Pada pengumuman hasil SKD CPNS 2018 BKD Wonogiri saja dibutuhkan sebanyak 430 formasi untuk masing-masing Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, Tenaga Teknis dan Honorer. Namun yang terjadi, hanya sedikit yang lolos ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Hal ini menjadi alasan Kemenpan RB mengeluarkan peraturan baru guna mengurangi peserta yang tidak lolos SKD.

Baca juga: Peraturan Baru Kemenpan RB untuk Peserta Tidak Lolos SKD CPNS 2018

Bagi peserta yang telah lolos passing grade dalam tahapan SKD, tinggal menunggu ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Menurut jadwal dari BKN, pelaksanaan ujian SKB akan digelar 23-28 November 2018.

Bagi kalian yang belum ada persiapan, jangan khawatir karena BKN lewat akun Twitter resminya membocorkan kisi-kisi soal ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan digelar beberapa hari mendatang.

Kisi-Kisi Seleksi Kompetensi Bidang/SKB CPNS 2018 Wajib Dipelajari


Dilansir brilio.net, berikut kisi-kisi tes SKB bagi peserta yang lolos pasing grade.

1. Ada 2 (dua) jenis jabatan atau formasi dalam seleksi CPNS 2018 yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). Beberapa jabatan seperti Dokter, Guru, Apoteker, dan 200-an yang lain adalah bagian dari JFT.

2. Untuk JFT biasanya ada Permenpan RB yang menaungi. Misalnya Permenpan RB 6/2014 tentang Pranata Humas & Angka Kredit. Jika formasi kalian adalah JFT, maka soal-soal pada tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak jauh dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB).

Berikut link untuk belajar materi SKB untuk Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) yakni Permenpan RB 6/2014 tentang Pranata Humas dan Angka Kredit.

Baca juga: Isi Permenpan RB 6/2014 Terkait Bocoran Kisi-Kisi Soal SKB CPNS 2018

3. Rujukan untuk mengetahui apa itu JFT bisa diperoleh dari situs https://www.menpan.go.id/site/sdm-aparatur/daftar-jabatan-fungsional-khusus-tertentu atau https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_Jabatan_Fungsional_Tertentu. Tugas kalian hanya mencari Permenpan RB yang sesuai dengan JFT yang dilamar pada seleksi CPNS 2018. Materi SKB tidak jauh dari hal tersebut.

4. Bagi kalian yang melamar Jabatan Pelaksana (JP) ada Permenpan RB 26/2016 tentang Nomenklatur JP. Dari deskripsi tugas, bisa kalian bayangkan apa materi SKB yang akan diujikan. Contohnya, JP adalah Analisis Kerja Sama, Analisis Akunbilitas Kinerja, dll.

Berikut link untuk belajar materi SKB untuk Jabatan Pelaksana (JP) ada Permenpan RB 26/2016 tentang Nomenlaktur JP.

Sumber: Brilio.net

KLIK UNTUK BERKOMENTAR