Type something and hit enter

Posted by On
Jadwal Seleksi CPNS 2019 dan PPPK Tahap II

Kabar gembira untuk para pendaftar, jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2019) dan juga rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK Tahap II) sudah diketahui, hal ini disebutkan oleh Menteri Syafruddin.

Coretanpemuda.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Syafruddin mengumumkan bahwa seleksi PPPK dan CPNS untuk tahun 2019 akan dilaksanakan masing-masing pada Agustus dan Oktober.

"CPNS nanti bulan sepuluh (Oktober). PPPK tahapan kedua ini akan dilakukan kira-kira setelah 17 Agustus paling lama," ujar Menteri Syafruddin di Kantor Staf Presiden, Jakarta, pada Selasa (2/7/2019).

Syafruddin menambahkan, pemerintah kekurangan formasi guru serta tenaga kesehatan, terutama pada perawat, bidan, dokter untuk mengisi Puskesmas.

Baca juga: Soal Seleksi CPNS 2019 dan PPPK Bakal Sesulit Tahun Lalu?

Pak menteri melanjutkan, dalam penerimaan tahun ini, jabatan tenaga administratif akan dikurangi. "Terutama kebutuhan di bidang infrastruktur, juga kepentingan-kepentingan yang lebih menjurus kepada skill, jadi tenaga administratif akan kita kurangi," ujarnya.

Untuk saat ini Syafruddin mengatakan CPNS masih belum menerima jumlah kebutuhan dari daerah.

Ketika ditanya mengenai sistem perekrutan seperti rangking, menteri Syafruddin berkata ingn tes yang dinamis dan fokus ke generasi muda.

"Pokoknya akan dibuat sistem sedinamis mungkin, sebagus mungkin untuk kepentingan bagaimana kualitas SDM itu bisa kita rekrut, kemudian tidak menafikan kebutuhan individu, generasi muda, yang ingin mengabdi pada negara," tegasnya.

Update: 7/17/2019

Dengan penetapan waktu masing-masing pada Agustus dan Oktober, apakah itu sudah bisa menjadi tolak ukur pasti kapan perekrutan CPNS 2019 dan PPPK Tahap II bakal dimulai?

BKN selaku pihak eksekutor dari kedua tahap seleksi tersebut menyatakan, akan berupaya secara penuh agar porses penarikan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini bisa sesuai arahan dari MenPANRB.

"Yang disampaikan pak Menteri itu akan dijadikan acuan. Oh harus Oktober (CPNS 2019), kita akan jadikan itu sebagai acuan," ungkap Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com, Rabu (17/7/2019).

Ridwan mengatakan, KemenPANRB saat ini masih terus menganalisis total kebutuhan pegawai baru pada seluruh instansi, baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Sementara itu, Kepala BKN disebutnya turut memberikan usulan pertimbangan teknis terkait jumlah formasi.

Sumber: Liputan6.com

0 komentar